Cara memilih pasta gigi untuk anak

Dengan begitu banyak pilihan pasta gigi yang tersedia, akan sangat sulit untuk memilih produk perawatan mulut terbaik untuk sicekil yang baru ada gigi. Mulut anak-anak terus berkembang, itulah sebabnya penting untuk memastikan gigi mereka dirawat sebaik mungkin. Beberapa pakar kesehatan memberi tahu untuk prang tua untuk memulai rutinitas membersihkan mulut bayi setelah beberapa hari dilahirkan, mereka merekomendasikan untuk menggunakan pembalut kasa yang lembap atau lap untuk membersihkan gusi bayi.  Dengan membersihkan gusi bayi setiap hari sejak lahir, Anda telah menciptakan mulut yang bersih dan sehat untuk tempat tinggal gigi tersebut . kalian juga harus membuat rutinitas pembersihan, yang penting seiring dengan bertambahnya usia anak kalian.

Setelah anak kalian siap dengan sikat gigi, pemilihan pasta gigi dapat membuat perbedaan besar dalam cara perawatan gigi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kalian menemukan pasta gigi terbaik untuk sikecil. Pasta gigi anak-anak berbeda dari pasta gigi orang dewasa karena sebagian besar produk anak-anak tidak mengandung zat pemutih dan bahan kimia keras yang dapat merusak enamel gigi muda. Memilih pasta gigi berlabel bayi, balita, atau anak-anak dapat membantu memastikan tidak ada bahan kimia yang tidak diperlukan di sana. Bahan yang harus dihindari untuk anak-anak adalah sodium lauryl sulfate (SLS), yang dapat menyebabkan sariawan setelah digunakan pada beberapa anak Banyak orang dewasa mempertanyakan apakah mereka harus menemukan pasta gigi dengan fluoride untuk anak-anak mereka. Jawabannya iya! Menurut WebMD dan ADA , menggunakan fluoride pada usia dini akan membantu melindungi gigi hingga dewasa. Baru-baru ini kita telah melihat peningkatan besar dalam jumlah jenis dan merek pasta gigi yang dibuat khusus untuk anak-anak. Ada banyak pilihan sehingga sulit menemukan yang terbaik untuk kesehatan mulut anak kalian. Berikut adalah beberapa panduan cepat untuk memastikan kalian menemukan pasta gigi yang benar:

  • Cari segel IDA & BPOM

Ketika mencoba menemukan pasta gigi terbaik, penting untuk memulai dengan pasta gigi yang direkomendasikan oleh Indonesian Dental Association. Meterai persetujuan mereka dapat ditemukan pada kotak dan tabung dan memastikan bahwa pasta gigi telah dievaluasi secara objektif untuk keamanan oleh Dewan IDA untuk Urusan Ilmiah.

  • Hindari abrasive yang keras

Banyak pasta gigi, terutama yang diiklankan sebagai “pemutih” sering mengandung abrasive yang dapat merusak email gigi muda.

  • Periksa fluoride.

Fluoride adalah mineral alami yang telah terbukti secara dramatis mengurangi kerusakan gigi. Tetapi kalian harus ingat untuk membuat anak mengeluarkan pasta gigi dan menghindari menelannya. Terlalu banyak fluor dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai fluorosis. Untuk anak-anak yang terlalu muda untuk mengeluarkan pasta gigi, kalian dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi bebas fluoride atau hanya sejumlah kecil fluoride.

  • Pertimbangkan rasanya

Meskipun bukan masalah kesehatan, kalian ingin memastikan bahwa pasta gigi tidak terasa buruk bagi anak kaian. Banyak anak-anak sering menemukan rasa tradisional seperti mint sebagai “pedas” dan mereka sering lebih suka pilihan ramah anak yang tersedia saat ini seperti rasa jeruk, strawberry dan buah-buahan lainnya.

Sekarang ini sudah banyak yang jual pasta gigi anak yang sudah sesuai dengan standar kesehatan, tinggal kita pintar-pintar memilihnya saja. pastikan kalian untuk memilih pasta gigi anak yang terbaik agar gigi dan mulut sikecil menjadi sehat dan segar, dan pastinya pasta gigi untuk sikecil haruslah aman!

Pratibha