Cara menghilangkan sakit perut

Sakit perut adalah rasa nyeri yang muncul di area tulang iga dan tulang panggul . Hampir semua orang pernah merasakan sakit perut karena ketika mengalami sakit perut sesorang dapat merasakan kram , mulas atau rasa seperti tertusuk diperut . Sakit perut juga bisa dipicu dengan gangguan organ didalam perut lainnya seperti lambung , hati , empedu , pankreas , limpa , usus ataupun ginjal serta gangguan tersebut juga bisa bermacam macam seperti peradangan , infeksi serta penyumbatan . penyakit sakit perut ini juga memiliki beberapa gejala yaitu seperti terasa krma , mulas atau menusuk dengan tingkatan ringan hingga bahkan berat tetapi tetap tergantung penyebabnya . Kondisi ini juga dapat berpindah satu area perut ke area perut lainnya .

Dilansir dari alodokternada beberapa sifat atau lamanya sakit perut juga berbeda antara lain : berlangsung sebentar atau lama biasanya beberapa jam atau bahkan beberapa hari , munculnya perlahan atau secara tiba tiba , hilang timbul atau bahkan menetap dan sakit berkurang atau bertambah pada posisi da gerakan tertentu misalkan bersin .

Ada dua jenis sakit perut yaitu sakit perut akut dan sakit perut kronis , jika sakit perut akut yaitu rasa sakit yang munculnya secara tiba tiba dan intens . Dalam penanganannya seseorang membutuhkan pertolongan segera baik penanganan obat maupun dengan cara operasi serta penyebabnya seperti pankreatitis akut , usus untu , batu empedu atau luka yang terjadi pada lambung atau usus, sedangkan sakit perut kronis biasanya tidak akan menjadi separah sakit perut akut dan. jangka waktu sakitnya akan lebih lama dan bisa hilang lalu kemudian muncul kembali . Penyebabnya oleh sembelit , diare , diverticulosis , gastritis atau refluks asam lambung.

Dilansir dari alodokter ada juga beberapa sakit perut berdasarkan letak nyerinya :

  • Sakit perut bagian kanan atas : hepatitis , kanker hati , batu ginjal , radang kandung empedu , infeksi ginjal dan batu empedu .
  • Sakit perut bagian kanan bawah : hernia , sumbatan atau obstruksi yang terjadi pada usus , radang usus , batu saluran kemih , infeksi saluran kemih dan usus buntu .
  • Sakit perut bagian kiri atas : sembelit , batu ginjal , infeksi ginjal dan pembesaran limpa
  • Sakit perut bagian kiri bawah : infeksi saluran kemih , batu saluran kemih , radang usus dan sumbatan paa obstruksi terhadap usus .
  • Sakit perut bagian tengah : keguguran , kista indung telur , penyakit radang panggul , endometriosis , dan kehamilan ektopik .

Perlu diketahui bahwa tidak semua penyebab sakit perut dapat dicegah dan resiko terkena sakit perut juga dapat dikurangi dengan langkah pencegaha sakit peru dilansir di alodokter seperti :

Mencuci tangan setelah habis melakukan aktivita terutama sebelum menyentuh makanan , memperbanyak minum air putih untuk cairan tubuh , menghentikan kebiasaan merokok , melakukan olahraga secara rutin dan teratur , tidak langsung berbaring setelah makan jika ingin berbaring berilah jarak watu minimal 2 jam ini akan menyebabkan gas naik dan skait perut dan membatasi mengonsumsi minuman yang beralkohol itulah beberapa langkah menghilangkan sakit perut maka bisa dicoba jika anda tidak bisa meminum obat obatan . Sumber gambar : liputan6.com

Pratibha