Kenali Gejala Umum Kanker Ginjal di Sekitar Kita

Definisi Kanker Ginjal

Sesuai dengan namanya yaitu kanker ginjal, sudah pasti kanker itu mendiami organ ginjal manusia. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ginjal merupakan organ vital bagi sistem ekskresi manusia yang berfungsi menyaring kotoran di dalam darah dan kemudian akan membuangnya lewat urin. Tidak hanya membuang racun dan limbah dari dalam tubuh, ginjal juga bertugas memproduksi hormon renin untuk mengendalikan tekanan darah.

Dilansir dari KlikDokter, kanker ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya sel tumor ganas di organ ginjal, yang paling sering ditemukan adalah renal cell carcinoma. Berdasarkan data dari buku Keperawatan Medikal – Bedah, kanker ginjal bertanggung jawab terhadap 2 persen dari keseluruhan kanker yang terjadi di Amerika Serikat.

Gejala Kanker Ginjal

Setiap penyakit pasti memiliki gejala yang menjadi tanda awal di setiap penderitanya, begitu juga dengan kanker ini. Sel tumor biasanya tidak menunjukkan gejala umum kanker ginjal, dan biasanya ditemukan saat pemeriksaan fisik sebagai massa abdomen yang terpalpasi.

Dilansir dari buku Rahmat Fajar yang berjudul Bahaya Merokok, berikut ini adalah gejala umum kanker ginjal yang paling sering ditemukan pada tahap awal.

  1. Ditemukannya darah dalam urin (hematuria). Hal ini menyebabkan urin menjadi berwarna kemerahan atau kecoklatan dan biasanya penderita akan merasakan nyeri saat buang air kecil. Pada umumnya, jika seseorang rutin minum air putih maka warna urin akan bening. Atau biasanya yang keluar adalah urin yang berwarna agak kekuningan bila tubuh sedang dehidrasi.
  2. Rasa nyeri muncul di salah satu ginjal dan sulit dihilangkan.
  3. Berat badan mengalami penurunan secara drastis tanpa sebab yang jelas. Namun, hal ini juga dapat dipicu dari menurunnya nafsu makan.
  4. Badan terasa seperti demam. Hal ini disebabkan menurunnya nafsu makan, karena kurangnya asupan nutrisi juga dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah terinfeksi dan demam.
  5. Terdapat gumpalan padat di salah satu sisi tubuh.
  6. Cepat merasa lelah dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Rasa lelah diakibatkan dari kurangnya nafsu makan yang dirasakan penderita, jika terlalu lama tidak mendapatkan asupan makan maka tubuh akan kekurangan energi. Rasa lelah yang disertai dengan nyeri punggung dan hematuria, segeralah periksakan diri kamu ke dokter.
  7. Anemia. Tidak hanya kanker ginjal, beberapa kanker jenis lain juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami anemia.
  8. Pembengkakan pembuluh darah pada testis jika kanker ginjal diderita oleh pria.
  9. Tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  10. Berkeringat di malam hari.
  11. Pembengkakan di pergelangan kaki.
  12. Jika kanker menyebar ke bagian tubuh yang lain, kamu juga akan merasakan sakit tulang jika kanker menyebar ke tulang, sesak napas atau bahkan batuk darah apabila kanker sudah menyebar ke paru-paru.
  13. Pembengkakan kelenjar yang ada di bagian leher.

Diagnosis dan Pengobatan Kanker Ginjal

Jika sudah ditemukan atau dirasakan gejala umum kanker ginjal, segera periksakan kesehatan kamu ke dokter. Sampaikan keluhan yang kamu rasakan dan dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan apakah ada benjolan atau tidak. Dan sebagai pemeriksaan lanjutan, dokter juga akan melakukan tes urin, tes darah, ultrasonografi atau USG, CT Scan, MRI, dan biopsi. Hasil yang didapat dari pemeriksaan lanjutan itu, dokter akan menyimpulkan apakah kamu terdeteksi mengidap kanker ginjal atau bukan. Jika dinyatakan itu merupakan gejala umum kanker ginjal, maka dokter akan menentukan stadium kanker. Untuk pengobatan kanker ginjal, biasanya akan dilakukan operasi, terapi ablasi, embolisasi, radioterapi, dan terapi obat.

Pratibha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *