NAH Project, Brand Lokal yang Harus Kamu Punya

nah-project

Bicara soal brand lokal, kini banyak masyarakat Indonesia yang lebih melirik brand-brand dunia saat akan membeli baju, tas, aksesoris hingga sepatu, pemilihan brand dunia tersebut salah satunya adalah karena alasan kualitas dari produk tersebut. Namun kini ada satu brand lokal yang telah mampu bersaing dengan produk-produk dari brand dunia ternama khususnya pada produk sepatu jenis sneakers. Brand ini bernama NAH project, biasanya kalau kita bicara bicara mengenai brand sepatuĀ  sneakers atau sepatu dengan sol karet, pastiĀ  kebanyakan dari kita akan lebih ingat dengan brand-brand ternama dunia seperti Nike, Adidas, ataupun Skechers. Nah, tapi sekarang Indonesia telah memiliki satu brand asli dalam negeri yang diberi naman NAH Project yang mampu bersaing dengan brand-brand dunia yang lain.

Namun memang perlu diakui jika brand sneakers lokal ini saat ini masih belum terlalu terdengar gaungnya dibandingkan dengan brand-brand luar yang sudah mendunia. Padahal kalau bicara mengenai kualitas, sebenarnya sneakers lokal keluaran NAH project ini gak kalah jika dibandingkan dengan brand luar. Namun memang kadang kebanyakan masyarakat masih menganggap jika brand luar lebih berprestise dibandingkan dengan brand lokal saat dikenakan.

Namun anggapan itu tidak selamanya benar. Kalau bicara soal Prestise dan gak prestise itu sangat relatif. Terbukti Bapak presiden kita Bapak Jokowi yang merupakan orang nomor satu di Indonesia ini saja mengenakan sneakers dari NAH project. Bapak Jokowi mengenakan sepatu dari NAH project ini pasti ada alasannya dong, pasti sudah percaya dengan kualitas dari brand lokal tersebut sehingga berani memakainya saat acara negara yang penting.

Ada satu hal lagi yang diunggulkan dari NAH Project ini, yaitu NAh project saat ini menjadi pelopor dan masih menjadi brand asli Indonesia satu-satunya yang melakukan metode transparency pricing dalam penjualan produknya. apa sih  transparency pricing itu? Yaitu memberitahukan kepada masyarakat mengenai biaya produksi pada setiap bagian. Alasan NAH projek menerapkan transparansi ini adalah ketika tim NAH project menyadari akan satu hal yaitu sangat sulitnya menjaga harga produk tetap murah namun tidak bermain-main dengan kualitasnya. Karena kesulitan dalam menjaga harga dan kualitas tersebut membuat tim dari NAH Project berani mulai menceritakan setiap proses produksinya. Banyak kisah yang diceritakan oleh NAH project salah satunya yaitu saat NAH project ingin membuat sebuah apparel namun denhan harga yang murah yang akhirnya harus keliling Bandung hanya untuk mencari material yang murah kemudian memberikan material itu ke sebuah vendor. Dan upaya tersebut dilakukan hanya untuk menghemat harga produksi sebesar 5000 rupiah. Luar biasa bukan. Dan dari kisah tersebut membuat team NAH project sadar bahwa banyak hal yang sebenarnya menarik untuk diceritakan kepada khalayak saat sebuah perusahaan berusaha dalam menjaga harga barang tetap affordable untuk pembeli dengan tetap menjaga kualitas.  

Yang dari semua jalan cerita perjuangan tim NAH Project membuat team sepaham bahwa customer itu memiliki hak untuk mengetahui harga sebenarnya dari sebuah produk yang dibeli. Tanpa mark up yang berlebihan, tanpa membuang banyak cost yang tidak diperlukan,  tanpa mengurangi kualitas, dan juga dengan berusaha keras menjaga alur produksi tetap berjalan seefisien mungkin. Dengan transparancy pricing yang diterapkan oleh NAH project ini membuat brand ini memiliki arti tersendiri di mata masyarakat, masyarakat menjadi paham barang yang dibelinya benar-benar dari bahan yang berkualitas dan uang yang dikeluarkan memang sebanding dengan harga produksinya, sehingga sama-sama enak dan rela membeli berulang kali.

Pratibha