Rekomendasi Pipa PVC Tidak Berisik Dan Anti Mampet

Dalam merancang sistem saluran air pada bangunan bertingkat agar tidak berisik dan anti mampet maka butuh pipa, aksesoris, hingga lem pipa terbaik. Namun sebenarnya kedua permasalahan tersebut bisa dengan mudah diatasi.

Sumbatan pada saluran air terjadi karena adanya proses sedimentasi dan penimbunan lemak di dalam pipa. Dan untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan pipa air yang licin pada permukaan bagian dalamnya.

Pada gedung bertingkat suara dari dalam pipa bisa merambat melalui struktur bangunan. Dan kondisi semacam ini sudah pasti akan sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, pilihlah pralon yang dibuat dengan bahan khusus yang sering disebut dengan Astolan. Pipa ini dikenal sangat ampuh meredam suara.

Mengenal Aksesoris Pipa PVC

Pada saat merancang pipa saluran air pada gedung bertingkat agar tidak berisik, anti mampet, pipa air tidak cepat bocor dan juga tahan lama, kelengkapan aksesoris pipa juga perlu diperhatikan. Untuk pipa PVC sendiri, paling tidak ada 5 jenis aksesoris yang harus Anda ketahui, diantaranya seperti:

  • Shock

Shock ini umumnya dimanfaatkan untuk menyambung dua bagian yang lurus dari pipa PVC. Jenis aksesoris ini sebenarnya masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya seperti shock paralon PVC polos, drat dalam, drat luar, drat luar polos, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Elbow/Knee/L

Seperti halnya namanya, aksesoris pralon PVC ini berbentuk huruf L tepat 900. Aksesoris ini seringnya diamanfaatkan di tempat yang membutuhkan belokan.

  • Tee

Tee ini umumnya dipergunakan untuk membuat cabang pada saluran pipa PVC. Dan aksesoris yang menyerupai huruf T ini juga memiliki beragam jenis, seperti T drat dalam dan T polos.

  • Adapter/Reducer/Transision

Jenis aksesoris PVC ini umumnya dipergunakan untuk menggabungkan dua paralon PVC yang memiliki ukuran berbeda.

  • Doop

Dop pipa ini umumnya dipergunakan untuk menutup saluran pada ujung pipa PVC.

Lem Khusus Pralon PVC

Sebenarnya tidak ada kriteria khusus untuk lem pipa PVC. Meskipun demikian tidak bisa dinafikan juga bahwa setiap merk lem pipa PVC, seperti lem pipa Ruglue dari Rucika dan merk lainnya tentu memiliki kualitas yang berbeda-beda. Atau bahasa sederhananya memiliki keunggulan masing-masing.

Namun sebenarnya kualitas pipa PVC yang Anda gunakan juga memiliki pengaruh bersar. Artinya semakin bagus kualitas pipa PVC yang Anda pilih, maka menggunakan lem merk apapun juga akan bagus hasilnya.

Dan hal paling mendasar untuk tahu apakah pipa PVC berkualitas ataukah tidak adalah apakah sudah SNI ataukah belum. Misalnya saja seperti pipa Rucika yang selain sudah SNI juga mengantungi standar JIS dari Jepang. Sehingga apapun merk lem pipa yang Anda gunakan akan mampu merekat dengan sangat kuat.

Pratibha