14 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cantik

Siapa nih yang di rumah nganggur atau ingin piara ikan tetapi kebingungan piara ikan apa? Ikan hias umumnya ada di lautan bebas, bila tidak ada di air laut karena itu ikan hias akan mati.

Anda bisa memelihara ikan hias air tawar yang cantik, berikut ulasan 14 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cantik dilansir dari mpotimes. Simak ulasannya!

14 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cantik

1. Ikan Cupang

Ikan hias satu ini pasti sudah tidak asing dilihat yah. Ikan cupang mempunyai bermacam warna dan wujud yang bagus sekali. Perawatan ikan ini juga lumayan gampang.

Cuman taruh di dalam botol yang diisi air, karena itu ikan masih tetap bisa hidup. Tetapi ikan ini mempunyai karakter agresif hingga tidak bisa dikombinasi dengan ikan yang lain.

2. Ikan Botia

Ikan botia terhitung ikan nokturnal karena aktif pada malam hari dan ikan ini ialah ikan yang terbanyak dicari beberapa pencinta ikan hias untuk menghias akuarium mereka.

Ada banyak tipe ikan hias botia sebagai bintang, salah satunya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.

3. Ikan Koi

Tidak asing yah dengan ikan yang ini. Ikan koi mempunyai keunikan perut buncit dan warna yang ceria dan bermacam. Umumnya ikan ini ditaruh di dalam kolam ikan.

Hal ini karena ikan ini memerlukan ruang yang lumayan lebar. Makin besar dan makin bagus warna ikan, karena itu makin mahal harga loh.

4. Ikan Black Ghost

Ikan yang dari Amazon, yakni black ghost mempunyai warna yang hitam dan memiliki bentuk yang gepeng dan sirip panjang membuat ikan ini dipanggil sebagai black ghost.

Ikan ini sukai makan jentik nyamuk dan serangga air kecil atau pelet. Perawatannya juga lumayan gampang.

5. Ikan Lohan

Ikan dengan keunikan kepala yang mencolok ini benar-benar populer di beberapa kelompok. Di Indonesia, ikan lohan menjadi satu diantara tipe ikan air tawar yang banyak disukai beberapa kolektor ikan.

Memiliki bentuk yang unik dengan warna yang cantik jadikan ikan lohan sebagai lambang peruntungan. Harga ikan ini lumayan mahal loh.

6. Ikan Manfish

Tipe ikan hias ini benar-benar gampang dipelihara karena bisa digabung dengan tipe ikan hias yang lain pada sebuah akuarium. Mempunyai ciri-ciri – ciri-ciri tubuh yang gepeng dan sirip yang memanjang dan mempunyai beberapa pilihan warna membuat ikan ini pas untuk mempercantik akuarium Anda.

Harga untuk ikan manfish ini relatif murah dibanding dengan ikan lohan.

7. Ikan Swordtail

Ikan swordtail bertubuh yang berbuntut lancip seperti pedang, jadi tidak aneh bila ikan ini dikatakan sebagai ikan pedang. Tetapi, sisi lancip seperti pedang itu cuman ada di jantan.

8. Ikan Lemon

Dari warnanya saja tentu anda sudah tahu nih kenapa dinamakan dengan ikan lemon. Yaps, ini karena berwarna yang seperti lemon. Ikan ini mempunyai ketahanan yang lumayan kuat, tetapi ikan lemon terhitung ikan yang agresif hingga susah dipadukan dengan ikan tipe yang lain pada sebuah akuarium.

9. Ikan Guppy

Ikan guppy terhitung salah satunya ikan hias yang gampang dipelihara dan harga relatif murah. Ikan ini mempunyai ukuran lebih kurang 2,5 sampai 5 cm dan mempunyai sirip yang elok dengan beragam pola warna yang memikat perhatian.

Bila ikan guppy berasa nyaman dengan lingkungannya, karena itu dia gampang berkembang biak.

9. Ikan Neon Tetra

Bernama latin Paracheirodon innesi, ikan neon tetra jadi opsi pendamping ikan hias air tawar yang berada di akuarium. Tipe ikan ini termasuk dalam barisan ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membuat sculling atau segerombolan. Sisik dalam neon terta memiliki zat bioluminesen, yang maknanya dapat mengeluarkan sinar.

10. Ikan Molly

Ikan molly mempunyai warna yang elok, gampang dirawat, dan jinak. Mempunyai wujud yang kecil, gendut, dan bermacam warna menarik hingga pas bila dipiara dalam akuarium bersama ikan-ikan kecil yang lain. Walau tidak ada alat pompa oksigen dalam akuarium, ikan ini sanggup bertahan hidup.

12. Ikan Platy

Sepintas ikan platy mempunyai wujud yang serupa dengan ikan molly, namun warna ikan platy lebih menonjol. Ikan platy mempunyai beragam tipe yang memikat. Perawatan ikan ini lumayan gampang. Warna nya yang menonjol dan jinak hingga pas dipelihara oleh pemula.

13. Ikan Zebra

Sama dengan namanya, ikan imut ini punyai garis-garis membentang di badannya bak zebra. Ikan zebra sebagai ikan yang suka bergerombol dan pas untuk pemula.

Tetapi, ikan ini tidak sukai lingkungan yang hangat dengan temperatur tropis, hingga tidak boleh pakai pemanas di akuarium dengan ikan zebra. Ikan ini sukai dengan temperatur ruang atau sekitaran 21 derajat Celcius. Watak ini membuat jadi ikan yang prima bagi beberapa pemula karena kita tak perlu terus-terusan memantau pemanas akuarium.

Ikan zebra bisa makan pelet atau serpihan micro tropis. Walau gampang dipiara, yakinkan akuarium ikan zebra dibikin bersih dengan teratur supaya masih tetap sehat dan bersih.

14. Gourami kerdil

Gourami kerdil atau dwarf gourami ialah ikan yang perawatannya tidak repot dan tidak gampang depresi bila hidup di akuarium kecil. Seperti ikan cupang, gourami kerdil bisa mengisap udara atmosfer untuk mendambah oksigen yang didapatnya dari air.

Ikan gourami jantan lebih warna dan akan berkompetisi keduanya untuk memperoleh betina. Walau demikian, ikan ini tidak seagresif ikan cupang dan beberapa ikan jantan dapat hidup bersama bila masing-masing dikasih ruangan yang luas.

14 tipe ikan air tawar di atas terhitung di dalam ikan air tawar yang tidak gampang mati. Ini karena perawatan pada ikan itu tidak memerlukan perawatan khusus sehingga kamu tidak memerlukan perawatan ekstra.

wahyuhidayat