3 Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digabung dengan Retinol

Retinol merupakan bahan aktif yang berasal dari turunan Vitamin A. Manfaatnya sangatlah bervariasi seperti mempercepat sistem regenerasi sel, menambah mengolah kolagen dalam kulit, mengatasi jerawat, sebabkan tekstur kulit menjadi lebih halus hingga mencerahkan.

Meski mempunyai segudang manfaat, retinol merupakan kadar skincare yang tergolong keras sehingga butuh aturan tertentu untuk menggunakannya. Salah satu aturan penggunaan retinol adalah kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan sebab bisa sebabkan reaksi negatif pada kulit.

 

1.Retinol dan Salicylic Acid

Kandungan lainnya yang dinilai efektif mengatasi masalah jerawat adalah salicylic acid. Kandungan ini bekerja bersama langkah mengeringkan jerawat dan juga terkelupas sel kulit. Dengan langkah kerja seperti itu, tentu saja dapat tidak cukup baik mencampurkan retinol bersama salicylic acid.
Menggabungkan keduanya justru dapat sebabkan eksfoliasi terlalu berlebih dan juga sebabkan kulit menjadi amat kering. Oleh sebab itu, jangan mencampurkan ke-2 bahan ini.

 

2.Retinol dan Benzoyl Peroxide

Kandungan yang tak boleh digabung bersama retinol adalah benzoyl peroxide. Kedua kadar ini sebenarnya amat baik untuk mengatasi masalah jerawat sehingga banyak yang menyangka terkecuali menggabungkannya dapat sebabkan jerawat cepat sembuh. Akan tetapi, mencampurkan keduanya justru dapat sebabkan kulit menjadi kering, kemerahan hingga mengelupas.

Beberapa penelitian terhitung mengatakan terkecuali mencampurkan ke-2 kadar ini dapat mematikan khasiat satu sama lain. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakannya di selagi yang berbeda

 

3. Retinol dan Vitamin C

Kandungan setelah itu yang tak boleh digabungkan bersama retinol adalah Vitamin C.

Banyak yang mengira mencampurkan ke-2 bahan ini bisa menyamarkan noda hitam dan juga sebabkan tekstur kulit menjadi lebih halus. Akan tetapi hal tersebut salah besar. Keduanya tak cocok digabungkan sebab retinol bekerja optimal dalam kadar pH yang tinggi (basa), selagi Vitamin C bisa bekerja dalam pH yang rendah (asam).

Maka dari itu, mencampurkan keduanya dapat sebabkan manfaatnya hilang. Sebagai solusi, anda bisa manfaatkan Vitamin C pada pagi hari bersamaan bersama sunscreen selagi retinol untuk malam hari.

toha