3 Mitos dan Fakta Setelah Masa Persalinan

3 Mitos dan Fakta Setelah Masa Persalinan

Pertumbuhan bayi 5 bulan sangat tergantung dari perkembangan bayi di awal-awal masa kelahiran. Di usia awal kehidupan bayi, peran ibu sangatlah penting. Namun, perlu diingat juga, di saat bersamaan ibu baru saja mengalami proses yang tidak mudah, yaitu persalinan.

Masa setelah persalinan ibu biasanya disebut masa nifas. Di masyarakat Indonesia terdapat mitos dan fakta mengenai masa nifas. Kebanyakan ibu yang melahirkan untuk pertama kali tidak benar-benar memahami mana yang mitos dan mana fakta. Dalam beberapa keadaan, hal ini malah membuat ibu merasa tertekan.

Mitos dan Fakta Ibu Setelah Melahirkan

Setelah melewati proses antara hidup dan mati untuk menghadirkan satu kehidupan baru di dunia, seharusnya ibu diberi perhatian dan kasih sayang. Namun, seringkali ibu malah dipingit dengan aturan-aturan yang melelahkan. Berikut ada beberapa mitos dan fakta yang ada di masyarakat Indonesia mengenai ibu usai melahirkan:

1.     Memakai Stagen

Anjuran memakai stagen bagi wanita yang baru melahirkan sudah umum di masyarakat dan dianggap sebagai salah satu hal wajib. Penggunaan stagen dipercaya dapat membantu ibu mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, terutama di bagian perut yang kendur.

Sebenarnya, dalam pendapat medis pemakaian stagen justru dianggap sebagai hal yang dapat menyiksa ibu. Sebab pemakaian stagen yang ketat akan membuat ibu susah bergerak sehingga dalam medis tidak dianjurkan. Selain itu, bentuk dinding perut dan rahim pada wanita usai melahirkan sebenarnya dapat kembali ke bentuk semula, tapi membutuhkan waktu tidak sebentar.

2.     Wajib Minum Jamu Selama Masa Nifas

Untuk menjaga pertumbuhan bayi 5 bulan kebawah, ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif agar tumbuh kembang si kecil sempurna. Oleh sebab itu, para orangtua menyarankan ibu untuk mengonsumsi jamu agar kekuatan dan kesehatan cepat membaik.

Sebenarnya, meminum jamu pada masa setelah kehamilan bisa berbahaya bagi bayi. Kandungan yang ada dalam jamu bisa bereaksi terhadap kadar bilirubin sehingga dapat menyebabkan tubuh bayi berwarna kuning. Lebih baik apabila ibu mengonsumsi obat yang diberikan dokter.

3.     Tidur Siang Bisa Menyebabkan Kebutaan

Dalam masyarakat Indonesia ada mitos mengenai ibu yang baru melahirkan tidak boleh tidur siang. Sebab tidur di siang hari dianggap bisa menyebabkan kebutaan. Larangan ini sangatlah salah dan tidak pernah terbukti kebenarannya.

Faktanya, ibu harus banyak istirahat pasca melahirkan untuk mempercepat proses pemulihan. Apabila ibu mudah lemas dan sakit akan membuat pemberian ASI kepada bayi terhambat dan ibu tidak bisa merawat si kecil. Sangat disarankan bagi ibu yang baru melahirkan untuk beristirahat ketika bisa melakukannya.

Tumbuh kembang bayi sangat tergantung dari kondisi ibu pasca melahirkan. Semakin sehat fisik dan mental ibu akan mendukung pertumbuhan bayi 5 bulan kebawah. Daripada mendengarkan mitos yang belum diketahui kebenarannya, lebih baik mengikuti saran dokter dan berkonsultasi ketika muncul larangan yang belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Pratibha