5 Efek Minum Kopi Setiap Hari bagi Tubuh

5 Efek Minum Kopi Setiap Hari bagi Tubuh

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang sedang digandrungi semua kalangan. Minuman yang memiliki rasa pahit ini memang memiliki banyak manfaat namun juga memiliki efek negatif jika Anda mengonsumsi terlalu sering dan tidak sesuai dosis. Nah, apa saja efek minum kopi bagi tubuh?

  1. Aktivitas Terganggu

Tak hanya dikagumi karena rasanya yang nikmat, banyak orang yang mengonsumsi kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga membuat otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif.

Namun, jika Anda mengonsumsi kopi setiap hari akan ada efek samping yaitu munculnya kegelisahan dan kecemasan apalagi jika mengonsumsi kopi pada waktu yang salah seperti sore atau malam hari. Hal ini justru akan membuat Anda sulit tidur dan akan bangun dengan tubuh kelelahan. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan.

  1. Mengancam Kesehatan Lambung

Setelah Anda mengonsumsi kopi, pasti akan muncul rasa asam pada mulut. Hal ini karena kopi memiliki rasa asam. Maka dari itu, jika Anda memiliki luka atau masalah di lambung sebaiknya hati-hati saat mengonsumsi kopi.

Jika Anda mengonsumsi kopi di pagi hari, maka dapat mengganggu sistem pencernaan. Apalagi saat Anda mengonsumsi kopi dengan perut kosong, maka kopi akan memicu asam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsi kopi pada pagi hari, sebaiknya konsumsi setelah Anda sarapan.

  1. Masalah Pada Gigi dan Gusi

Tak hanya berdampak buruk bagi lambung, efek minum kopi setiap hari juga dapat menyerang gusi dan gigi. Kopi biasanya mengandung banyak gula dan tanin yang asam, kedua zat ini dapat mengikis lapisan pelindung gigi secara perlahan. Tak hanya itu, kopi juga dapat membuat warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi.

  1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi kopi setiap hari juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko ini terjadi pada orang yang memiliki mutasi genetik tertentu. Mutasi genetik tersebut akan membuat proses pemecahan kafein dalam tubuh berjalan lebih lambat. Mengonsumsi kopi 2 cangkir atau lebih akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Rentan Membuat Kadar Kolesterol Naik

Proses penyeduhan kopi juga dapat mempengaruhi tingkat kolesterol pada orang yang mengonsumsinya. Kopi yang dibuat dengan cara french press, perkolator dan alat seduh espresso memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi yang diseduh dengan kertas saring atau filter. Hal ini karena proses penyaringan yang dapat memisahkan kopi dari biang kolesterol meningkat.

Itulah efek minum kopi setiap hari bagi kesehatan. Anda boleh memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi setiap hari, namun Anda juga perlu menggunakan cara yang sehat untuk menikmatinya agar meminimalisir bahaya minum kopi setiap hari. Pastikan mengonsumsi kopi setelah makan untuk menghindari penyakit lambung.

hary