5 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

5 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan atau yang lebih dikenal dengan bulan puasa. Dimana dalam bulan ini, masyarakat muslim akan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh sebelum akhirnya menyambut Idul Fitri. Kegiatan berpuasa yang dijalankan masyarakat muslim adalah menahan haus dan dahaga selama beberapa saat yakni kurang lebih 12 jam. Selama menjalankan kegiatan itu, mereka tidak mengkonsumsi makanan apapun.

Kegiatan berpuasa terkadang membuat beberapa orang merasa lemas dan sulit bergerak. Hal ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan asupan nutrisi maupun tubuh mengalami dehidrasi. Kegiatan ini disebabkan oleh berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat sebagian besar dihabiskan diluar ruangan yang memicu keringat dan menyebabkan cairan tubuh berkurang. Dehidrasi yang dialami selama menjalani puasa juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang tepat sehingga mudah menyebabkan dehidrasi.

Jadi apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat menjalankan puasa? Ada beberapa cara yang bisa banget kamu lakukan untuk mencegah dehidrasi selama menjalankan puasa dan cenderung lebih mudah dan dapat dilakukan ketika kamu berbuka puasa atau sahur. Berikut adalah beberapa tips menjalankan puasa untuk mencegah dehidrasi yang timbul :

  1. Menjaga konsumsi air harian

Salah satu cara mencegah dehidrasi yang dapat dilakukan selama menjalankan kegiatan berpuasa adalah mengonsumsi air yang sesuai dengan takaran harian yakni 8 gelas atau 2L. Kamu bisa mengatur konsumsi minuman harian kamu selama menjalankan puasa untuk mencegah kamu dehidrasi selama melakukan kegiatan berpuasa. Kekurangan konsumsi air dan cenderung konsumsi minuman manis akan menyebabkan kamu mudah dehidrasi.

  1. Konsumsi susu saat sahur

Konsumsi susu selagi sahur dapat mencegah haus. Hal ini dikarenakan susu mengandung ragam nutrisi yang dapat menunjang kebutuhan energi dan cairan tubuh. Sehingga konsumsi susu saat sahur dapat menjadi Langkah baik dalam mencegah dehidrasi.

  1. Hindari terlalu banyak menghabiskan hari dengan tidur

Tidur menjadi salah satu kegiatan favorit yang dilakukan selama menjalankan puasa. Namun, tahukah kamu jika tidur dapat menyebabkan kamu kekurangan cairan. Dimana tidur akan menyebabkan kamu kehilangan cairan karena tidur dapat memicu keluarnya cairan dalam tubuh seperti berkeringat dan sebagainya.

  1. Mengonsumsi buah kaya air saat berbuka

Konsumsi cairan tubuh dapat ditunjang juga dengan konsumsi buah yang kaya akan air. Dimana konsumsi buah kaya akan air akan menyehatkan tubuh. Dimana air akan menunjang tubuh untuk selalu terhidrasi. Konsumsi buah seperti semangka dapat disarankan selama berpuasa.

  1. Hindari konsumsi makanan asin saat sahur dan kopi atau teh saat berbuka

Makanan asin saat sahur akan menyebabkan tubuh memerlukan banyak air sehingga memudahkan anda dehidrasi. Selain itu, konsumsi kopi dan teh juga akan menyebabkan cairan tubuh terbuang sebab kopi dan teh akan menyebabkan haus. Sehingga ketiga jenis makanan ini ada baiknya dihindari selama puasa.

hary