7 Minuman dan Makanan Unik Khas Cirebon

7 Minuman dan Makanan Unik Khas Cirebon

Dikenal sebagai kota udang, Cirebon memiliki berbagai kuliner kuliner lezat yang tidak akan terlupakan. Saat berkunjung, Anda bisa mencicipi kuliner khas kota Cirebon. Cita rasa yang ditawarkan, dijamin akan membuat wisatawan mengulang. Kuliner khas, lebih enak disantap setelah puas keliling kota Cirebon. Maka dari itu ragam kuliner siap memanjakan lidah.

1. Kerupuk Kulit

Masih salah satu saudara dari kerupuk malang, makanan khas Cirebon yang satu ini tidak boleh dilupakan untuk dicoba. Saat berkunjung ke daerah lain, Anda mungkin menemukan kerupuk kulit seperti kuliner khas Cirebon. Namun yang membuat Anda harus mencicipi kerupuk yang satu ini, karena bahan dasar yang digunakan berbeda. Kerupuk kulit cirebon yang berbahan dasar kulit kerbau dijual dengan harga yang ekonomis.

Anda sedang membutuhkan Rental HIACE Cirebon dan sekitarnya? Bisa klik pada link tersebut.

2. Growola

Jajanan khas Cirebon ini, memiliki warna coklat yang menyenangkan. Kuliner yang satu ini berbahan dasar singkong yang dicampur dengan parutan kelapa. Jajanan yang satu ini, sudah lama populer di berbagai kalangan. Bahkan tingkat popularitasnya, masih tetap bertahan hingga saat ini. Banyak anak muda yang membuat jajanan yang satu ini, jajanan favorit sambil bersantai.

3. Ikan Asin

Terletak di tepi Laut Jawa, Cirebon menggunakan produk hasil laut di daerah tersebut. Sejumlah ikan laut segar, berhasil ditangkap setiap hari. Total tangkapan laut sebanyak itu, apakah mereka punya inisiatif untuk mempersiapkannya. Salah satu kuliner olahan seafood yang nikmat adalah Ikan Asin. Langkah-langkah membuat kuliner ini sangat sederhana yaitu ikan asin dan jemur sampai jemur. Kuliner ini bisa Anda beli, sebagai oleh-oleh dari Delhi.

4. Ondal Andil

Kini saatnya beralih sedikit ke kuliner yang manis dan tak terlupakan. Camilan sederhana ini terbuat dari tepung tampioka yang diolah sedemikian rupa. Yang lebih menarik adalah mencoba mewarnai jajanan tersebut. Dari gigitan pertama, Anda tidak akan merasakan apa-apa lagi. Agar semakin nikmat, jajanan ini ditaburi kelapa parut dan gula pasir. Bahkan tingkat keberadaannya pun tidak kalah dengan jajanan Trowulan.

5. Jeniper ( Jeruk Nipis )

Memberinya nama yang unik, seolah-olah minuman nikmat ini berasal dari luar negeri. Namanya, seperti nama artis internasional yang terkenal di masyarakat umum. Minuman yang satu ini, dikemas dalam kemasan modern yang siap minum. Jika cuaca panas, Anda bisa meminimalkan Jeniper ini. Rasanya sangat segar dan alami, sehingga lebih baik dikonsumsi oleh siapa saja.

Kami juga menyediakan Rental Mobil Cirebon dan sekitarnya.

6. Sirup Tjampolay

Ingin memberikan hadiah untuk saudara Anda saat berkunjung ke Cirebon? Sirup Tjampolay bisa menjadi alternatif terbaik. Jauh lebih baik untuk mencobanya, karena sirup ini diberikan berbagai jenis rasa. Dari sekian banyak rasa yang ditawarkan, banana milk merupakan rasa sirup favorit saya di berbagai kalangan. Saat dikonsumsi, Anda bisa merasakan rasanya yang segar, manis dan harum.

7. Teh Poci

Meminumnya satu per satu, sangat berbeda dengan sajian teh dari daerah lain. Teh poci menggunakan bahan dasar teh hijau melati, yang biasanya disajikan dengan pot tanah liat. Karena disajikan dalam pot, cita rasa yang ditawarkan pun unik. Popularitas teko telah dibahas di salah satu lagu. Lewat lagu tersebut, minuman ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat luas.

Lelah setelah berjalan-jalan di kota Cirebon, Anda bisa mencicipi aneka kuliner khas di sana. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan khas Cirebon, Anda bisa menemukannya dengan mudah. Dari berbagai jenis kuliner tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Mau kasih kado buat yang tersayang? Tidak perlu khawatir, karena ada minuman dan makanan khas Cirebon yang aman untuk dibawa kemana-mana.

ansyah