Apakah Tomat Adalah Sayur atau Buah? Ini Fakta Uniknya

Apakah Tomat Adalah Sayur atau Buah? Ini Fakta Uniknya

Tomat merupakan bahan masakan di banyak makanan khas Indonesia. Tomat terkenal akan kandungan vitamin A dan C nya yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sebagai tempat belanja buah dan sayur terbaik, TaniHub menyediakan berbagai macam tomat seperti tomat cherry merah, tomat hijau, dan tomat tw. Tapi tahukah Anda tomat memiliki banyak fakta menarik? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Tomat Adalah Buah Sekaligus Sayur

Anda pernah bingung apakah tomat sayur atau buah? Banyak orang menyangka tomat adalah sayur, namun ia sebenarnya adalah golongan buah. Kenapa? Karena tomat berbiji serta tumbuh dari tanaman yang berbunga.

Itu menurut klasifikasi botani. Namun secara kuliner, buah ini termasuk ke dalam sayuran karena kerap digunakan dalam masakan gurih. Jadi tomat bisa dikatakan buah sekaligus sayur.

  1. Bahan Makanan yang Enak Sekaligus Sehat

Faktanya, tomat dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker karena kandungan antioksidan alaminya. Zat antioksidannya antara lain likopen, polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Buah sekaligus sayur ini juga rendah lemak dan kalori, kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A dan C, folat, dan kalium.

Selain dikonsumsi, tomat juga bisa digunakan untuk kesehatan kulit. Anda bisa membuat masker alami dari tomat yang dihaluskan dan dibalurkan ke wajah. Dengan beragam kandungan vitamin dan antioksidan di atas, kulit wajah Anda akan terasa lembab dan segar.

  1. Zaman Dulu Dianggap Tanaman Beracun

Tahukah Anda tomat pernah dianggap sebagai tanaman beracun? Ya, pada abad ke 16 seorang ahli herbal dari Eropa mengatakan bahwa tanaman ini merupakan dari keluarga nightshade. Tanaman ini mempunyai reputasi yang buruk dan dianggap beracun saat itu karena banyak orang kaya Eropa yang meninggal setelah memakannya.

Faktanya, mereka meninggal bukan karena apa yang terkandung pada tomat. Melainkan karena wadah piring yang terbuat dari timah yang disebut dengan pewter. Orang-orang kaya ini keracunan jus tomat yang sudah terkontaminasi dari timbal lempengan piring tersebut. Dan orang-orang miskin yang tidak mampu membeli piring pun selamat. Ada-ada saja ya.

  1. Kandungan Likopen Yang Meningkat Saat Dimasak

Tomat kaya akan likopen yaitu salah satu senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Likopen pada tomat olahan memiliki kadar yang lebih tinggi. Hal ini karena, saat diolah terjadilah pelesapan likopen dari jaringan sebab perubahan struktur dan komposisi. Selain itu, semakin matang tomat tingkat likopennya pun semakin tinggi.

  1. Tomat Pernah ke Luar Angkasa

Readers, pernahkah ke luar angkasa? Sepertinya tidak pernah ya. Berarti Anda kalah dengan tomat. Ya, faktanya tomat pernah dikirim ke luar angkasa loh. NASA pernah menjalankan projek Tomatosphere, yaitu benih tomat yang dikirim ke stasiun luar angkasa internasional.

Kemudian bibit tersebut dikembalikan lagi ke bumi dan ditanam oleh murid-murid sebuah sekolah. Mereka menanam biji luar angkasa tersebut dan juga bibit di yang ada di bumi untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara keduanya. Menarik  bukan?

Nah itulah sederet fakta-fakta menarik tentang tomat yang tidak banyak orang ketahui. Kehadiran sayur sekaligus buah ini tidak bisa lepas dari berbagai macam masakan khas nusantara, salah satu bahan wajib yang harus ada di rumah. Dapatkan tomat segar berkualitas hanya di Tanihub atau bisa Anda unduh aplikasinya segera. Jangan sampai kelewatan promo-promo menarik setiap minggunya!

 

 

 

sartika