Cara dan Proses Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Menjadi Air Bersih

Pertanyaannya, bisakah air limbah rumah tangga diproses dan diolah menjadi air bersih layak pakai? Jawabannya tentu saja bisa. Melalui mekanisme penyaring air yang mumpuni, air limbah bisa di ubah menjadi air bersih.

Caranya juga mudah. Bisa mengadopsi teknik penyaringan air sederhana yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya dengan menggabungkannya menjadi satu sistem

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat saluran flow meter air limbah. Saluran ini diarahkan sebuah wadah yang berfungsi sebagai resapan dan penyaring pertama. Isi wadah ini dengan batu besar dan kecil, batu koral , lidi, dan pasir kasar.

Selanjutnya arahkan air hasil saringan ini menuju ke penyaringan tahap dua dengan pipa atau selang penghubung yang berbentuk leher angsa atau mirip sistem aerasi. Fungsinya untuk pengendapan kotoran.

Penyaringan tahap dua bisa memakai sistem penyaringan cepat dan lambat. Air masuk dari atas, lalu masuk lagi ke wadah kedua dari bawah dan air naik ke atas lagi. Sampai tahap ini kondisi air sudah lumayan bersih.

toha