Cara Evaluasi Pelatihan Karyawan

Perlu diketahui bahwa dalam setiap program, evaluasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Termasuk saat seorang karyawan sedang melakukan program pelatihan dan pengembangan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera mencari tahu bagaimana cara evaluasi pelatihan tersebut.

Cara Evaluasi Pelatihan Karyawan

Bagaimana Cara Evaluasi Pelatihan Karyawan?

Ada beberapa tahap yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara untuk melakukan evaluasi. Evaluasi ini sendiri dapat dilakukan atas pelatihan maupun pengembangan sumber daya manusia yang sebelumnya sudah dilakukan oleh karyawan perusahaan. Di bawah ini beberapa tahap dari cara evaluasi tersebut:

  1. Tahap Reaksi

Merupakan evaluasi yang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mencari seberapa penting mengenai program pelatihan serta pengembangan yang sudah pernah dilakukan dengan sebelumnya bagi setiap karyawan. Nantinya evaluator akan mengukur keterlibatan karyawan saat program berlangsung.

Oleh karena itu, dalam tahap ini seorang evaluator perlu menyusun berbagai pertanyaan yang tepat agar dapat memancing umpan balik yang diperlukan. Contohnya adalah kekurangan dan kelebihan dari program pelatihan dan pengembangan SDM, manfaat pelatihan tersebut, dan masih banyak lagi.

  1. Tahap Pembelajaran

Pada tahap yang satu ini, evaluasi perlu dilakukan dengan cara menggali informasi bagaimana seorang karyawan dapat meningkatkan sikap, wawasan, keahlian, kepercayaan diri, hingga komitmen mereka dalam melakukan pekerjaan atas pelatihan yang mereka ikuti.

Adapun cara yang paling umum agar dapat mengambil evaluasi adalah dengan memberikan tes baik di awal maupun di akhir pelatihan. Kemudian, bandingkan hasilnya sehingga akan mudah terlihat apakah terdapat perubahan atau peningkatan ke tujuan yang diinginkan.

  1. Tahap Perilaku dan Hasil

Dalam tahap perilaku, seorang evaluator akan melihat seberapa jauhkan seorang karyawan dapat mengaplikasikan hasil pelatihan karyawan yang mereka ikuti ke dalam pekerjaan. Umumnya, pada tahap perilaku ini diperlukan waktu yang cukup panjang yakni bisa sampai berbulan-bulan.

Sedangkan pada tahap hasil adalah efek yang diinginkan oleh sebuah perusahaan atas program pelatihan serta pengembangan karyawan. Adapun hasil tersebut akan diukur berdasarkan pencapaian masing-masing karyawan serta perusahaan secara menyeluruh.

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara evaluasi pelatihan dan pengembangan bagi seorang karyawan. Adanya evaluasi tersebut tentu sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tidak lain agar perusahaan dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

doni