Cara merawat sukulen yang sekarat

Cara merawat sukulen yang sekarat – Anda memiliki kaktus yang indah dihadapan jendela dan sekelompok tanaman lain yang tumbuh subur di balkon, tetapi succulent favorit Anda tidak terlihat baik dan dua masalah yang paling sering terjadi adalah di bawah penyiraman dan overwatering dengan yang terakhir lebih umum di antara jenis kita (pecinta alam alias tukang kebun).

Secara alami, Anda akan segera mengurangi penyiraman tetapi biasanya masalah tidak diselesaikan hanya dengan melakukan itu. Sederhananya, Anda ingin tahu apakah tanaman Anda bisa diselamatkan atau tidak.

Ya, itu bisa diselamatkan mengingat kerusakannya tidak terlalu jauh. Jangan khawatir jika seburuk itu, Anda bisa menyelamatkan daun dan batangnya dan memperbanyaknya.

Anda pikir Anda telah menyirami tanaman secara berlebihan, namun belum tentu itu menyelesaikan masalah dan menyelamatkan tanaman. Mari kita bahas yang berikut dan pastikan overwatering adalah masalah utamanya.

Baca juga : Khasiat Cranberry Melancarkan Saluran Kencing

Media tanaman yang baik

Media tanam yang baik tidaklah menggumpal, dapat meresap air dan dapat menyalurkan air sehingga tidak membuat air menggenang.

Mengetahui warna tanaman?

Daun tanaman yang berada dengan bagian bawah berwarna coklat sedangkan daun dan batang secara keseluruhan terlihat membengkak dan terasa licin saat disentuh, bukan kaku.

Daun akan terliahat tampak lebih terang atau tembus pandang (bisa seluruh daun atau hanya bercak) akibat kelebihan air yang merusak dinding sel. Pertumbuhan baru akan berwarna coklat.

Tanaman Sukulen yang Terlalu Banyak disiram Air

Intensitas cahaya matahari

Ya, saya mengerti bahwa hal ini kedengarannya berlawanan dengan intuisi ketika Anda ingin membuang kelebihan air dari tanah. Alasannya begini, tanaman succulent sudah di bawah tekanan karena terlalu banyak air dan sinar matahari langsung hanya menambah masalah.

Pasalnya kebanyakan tanaman succulents membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang sehingga sinar matahari langsung tidak besar.

Baca juga : Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Jeruk

Membiarkan tanah kering sendiri

Gali tanaman succulent dari tanah (media tanam) dan buang sisa tanah yang menempel di akar, potong akar yang berwarna coklat / hitam karena sudah busuk.

Biarkan tanaman di atas jaring atau jenis saringan apa pun sampai akarnya mengering di udara selama dua hingga tiga hari. Saat akarnya telah benar-benar kering, tanam kembali ke dalam pot kamu.

Cara merawat tanaman Succulents Overwatered

Jika tunas akar sudah benar-benar busuk, buang semuanya dan bagian batang yang sudah mengerut dan berbintik hitam atau coklat. Kemudian anda bisa menanam batang sukulen di tanah untuk perbanyakan.

Pengairan

Langkah satu ini cukup penting, karena jika tidak, Anda mungkin mengalami masalah overwatering yang sama di lain waktu. Ada dua cara untuk melakukannya: menggunakan ukuran pot lain yang lebih besar dari pot succulent Anda dan taruh 2 inci kerikil atau serpih yang mengembang di dalamnya.

Baca juga : Manfaat Daun Sirih Yang Bisa Kamu Gunakan.

Lalu tempatkan tanaman sukulen Anda di atasnya sehingga akarnya tidak harus tergenang air setiap kali Anda menyiram.

Dengan panduan bahwa kerikil tidak mengenang air atau terendam secara menyeluruh. Metode kedua membutuhkan tanah sukulen dan dijelaskan secara rinci pada bagian di bawah ini.

Menukar media tanam
Jika tanaman succulent Anda yang sudah ditanam di tanah yang subur, dibeli di toko atau punya sendiri, Anda mungkin tidak perlu mengubahnya secara seluruhnya. Umumnya, alga (materi hidup hijau) dan mikroba lainya tumbuh di atas tanah yang dialiri air.

Jika demikian, tugas Anda adalah membuang semua tanah pucuk (membuangnya ke tempat sampah jauh dari tanaman Anda) dan menggantinya dengan tanah segar yang baru.

Baca juga : Cara memperbanyak tanaman hias sukulen

Anda juga harus menyendok cukup banyak tanah dari tengah jika akarnya telah berkembang menjadi busuk akar.

Dalam skenario yang tidak terlalu buruk tetapi cukup buruk, succulent Anda ditanam dalam campuran pot biasa, lebih baik Anda menyiapkan tanah yang cocok untuk succulents.

Ambil saja tiga bagian tanah pot, dua bagian pasir unggas dan satu bagian perlit, campuran ini memberikan drainase dan ventilasi yang baik.

Cara merawat sukulen

Anda bisa mengganti dua bahan terakhir dengan pasir dan batu apung dan jika Anda kekurangan waktu, pesan saja sekantong campuran sukulen.

Catatan

Perbanyakan adalah pilihan terakhir jika succulent Anda tidak dapat pulih dari kondisinya. Potong beberapa daun sehat yang masih hidup dari pangkal atau batang dan biarkan ujungnya mengering selama 5 hingga 7 hari.

Tanam di nampan atau pot dangkal dalam campuran tanah sukulen. Sirami secara teratur agar akar tumbuh tetapi pastikan ada aliran air yang baik. Nah itulah beberapa Cara merawat sukulen yang sekarat.

laurel