Contoh pertanyaan yang biasa digunakan oleh jasa sebar kuisioner

Jasa sebar kuisioner merupakan sebuah jasa yang menyediakan layakan penyebaran kuisioner baik secara online maupun offline, dalam menjalankan kegiatan tersebut tentunya terdapat beberapa

jenis pertanyaan, diantaranya sebagai berikut :

Pertanyaan dikotomis: pertanyaan dikotomis cuman sanggup dijawab dengan “ya” atau “tidak”; kadang, ada juga kuisioner yang sediakan jawaban “sepakat” atau “tidak sepakat”. Type pertanyaan ini termudah untuk dikaji, tetapi tidak dapat menjadi alat ukur yang tepat dan mendalam.

Pertanyaan terbuka: pertanyaan terbuka meluluskan informan untuk merinci jawaban. Pada umumnya, type pertanyaan ini bermanfaat untuk pahami pemikiran informan, tetapi benar-benar susah untuk dikaji. Type pertanyaan ini seharusnya dipakai untuk jawab pertanyaan “kenapa”.

type pertanyaan ini diperlengkapi dengan 3 opsi jawaban ataupun lebih yang sama-sama bertentangan; informan selanjutnya disuruh untuk pilih satu atau beberapa jawaban yang menurut dia paling tepat. Pertanyaan berbentuk opsi ganda bisa dikaji secara mudah, tetapi peluang tidak mengikutsertakan jawaban yang paling diharapkan informan.

Pertanyaan berbentuk rasio ordinal/rasio rangking: Type pertanyaan ini minta informan untuk mengurutkan opsi jawaban yang disiapkan. Misanya, informan kemungkinan disuruh untuk mengurutkan 5 buah opsi jawaban diawali dari yang kurang penting sampai terpenting. Type pertanyaan ini otomatis memaksakan informan untuk mendiskriminasi beberapa pilihan yang ada, tetapi tidak sanggup menerangkan argumen dibalik opsi informan.

Pertanyaan berbentuk rasio bertingkat: type pertanyaan ini memungkinkannya informan untuk memandang satu rumor berdasar rasio ukur yang ada. Anda dapat sediakan rasio ukur berbentuk angka 1-5; angka 1 sebagai wakil jawaban “benar-benar tidak sepakat”, sementara angka 5 sebagai wakil jawaban “benar-benar sepakat”. Type pertanyaan ini benar-benar fleksibel, tetapi tidak sanggup jawab pertanyaan “kenapa”.

Bangun pertanyaan kuisioner Anda. Beberapa pertanyaan dalam kuisioner harus terang, singkat, dan polos. Pertanyaan yang tidak berbelit-belit memungkinkannya Anda untuk memperoleh jawaban yang lebih tepat dari informan. Catat pertanyaan yang singkat dan simpel. Jauhi membuat pertanyaan yang terlampau sulit atau penuh istilah teknis; dicemaskan, pertanyaan itu akan memusingkan informan dan menahan mereka memberinya tanggapan yang tepat. Anda dapat menggunakan jasa sebar kuisioner online

gogreen