Inilah 5 Gejala Serangan Rayap yang Sering Ditemukan

Rayap memang tidak biasa dibiarkan bebas begitu saja, karena rayap bisa merusak dengan waktu yang cepat. Cara penghancuran yang dilakukan rayap memang sangat tersembunyi, sehingga mendeteksi keberadaan rayap sangatlah sulit untuk dilakukan. Perlu langkah pencegahan yang cepat, agar tidak kecolongan dengan seragan rayap.

Apabila gejala serangan rayap tidak dihalau dengan cepat, tentu akan membahayakan dan akan menghasilkan kerugian yang lumayan besar. Sebelum memberantas rayap, tentu ada banyak gejala serangan yang menjadi pertanda adanya rayap. Tidak hanya bisa diberantas dengan cara alamai, namun rayap juga bisa diberantas dengan jasa anti rayap berkualitas.

Gejala Serangan Rayap

  1. Kayu Tipis

Ketika kayu diserang oleh rayap, maka gejala yang paling terlihat yaitu tekstur kayunya yang menipis dan kayu jadi memiliki rongga. Meskipun kayu dilengkapi dengan cat anti rayap, tetap saja serangan rayap sangat sulit untuk dicegah. Rayap biasanya akan menggerogoti kayu dari bagian dalam menuju ke bagian luar kayu.

Rayap biasanya akan menyisakan bagian luar kayu yang di cat dan untuk mendeteksi penyerangan rayap di kayu, bisa dilakukan dengan mengetuk bagian kayu. Apabila suara kayu masih terkesan berat, maka kayu masih utuh dan saat suara kayu sudah mulai tidak berat, maka kayu sudah mulai diserang rayap. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan cara ditekan. Kayu yang rapuh biasanya sudah diserang hama dalam waktu yang lama.

  1. Terlihatnya Kotoran Rayap

Rayap menjadi hewan bentuk kecil yang bisa mencerna makanan dengan cepat dan rayap juga termasuk hewan yang bersih, karena rayap selalu menghindarkan sarangnya dari kotoran. Rayap bisa saja membuang kotorannya di berbagai tempat, sehingga bisa muncul di lokasi-lokasi yang tak terduga. Meskipun kotorannya tidak menghasilkan bau menyengat, tetap saja kotoran rayap menjijikan.

Kotoran rayap biasanya serupa dengan pasir pantai, sehingga warnanya terlihat kecoklatan. Lokasi yang sering ditemukan kotoran rayap seperti di dekat kusen, area jendela dan berbagai tempat lainnya. Kotoran rayap harus cepat dibersihkan, agar tidak menumpuk dan membuat kondisi rumah menjadi kotor. Menggunakan jasa anti rayap menjadi salah satu cara yang tepat dalam memberantas rayap secara efektif.

  1. jendela Sulit Terbuka

Kotoran rayap memang terkesan sepele, sehingga seringkali dibiarkan. Namun kotoran rayap bisa mengendap dengan cepat, karena bisa menyimpan panas. Pengendapan akan membuat kayu menjadi bengkak. Dengan pembengkakan yang muncul, maka bisa membuat pintu atau jendela menjadi lebih ketat atau kesat dan hal ini akan membuat pintu atau jendela sulit dibuka tutup.

  1. Retakan di Kusen

Kokohnya bangunan memang bisa terganggu dengan hadirnya gerombolan rayap, karena rayap menjadi hewan yang memakan kayu secara bergerombol. Serangan rayap bisa membuat kusen retak, sehingga kekuatan kusen menjadi tidak stabil. Rayap memang tidak hanya bisa dimatikan dan diberantas, namun bisa juga dicegah kemunculannya.

  1. Lumpur Berbentuk Lumpur

Tabung lumpur memang seringkali dibentuk rayap saat menyerang sebuah rumah dan tabung lumpur menjadi lokasi yang nyaman untuk rayap bersembunyi. Semakin besar bentuk tabung lumpur, maka menandakan semakin lama rayap itu menyerang. Tabung lumpur memang seringkali dibangun di area rumah yang tersembunyi, sehingga pendeteksiannya lumayan sulit dilakukan. Cara efektif untuk memberantas rayap adalah dengan menggunakan jasa anti rayap profesional.

Demikian ulasan singkat mengenai gejala serangan rayap dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.

 

 

Muchammat Kristanto