Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Membuat Latte Art dengan Benar

Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Membuat Latte Art dengan Benar

Latte art merupakan salah satu sajian kopi yang cukup menarik mengingat terdapat berbagai macam gambar yang bisa dihasilkan. Tidak harus pergi ke kafe, Anda pun sebenarnya bisa membuat latte art sendiri di rumah. Hanya saja, dibutuhkan beberapa kali latihan untuk mendapatkan hasil maksimal. Sebagai panduan, berikut ini akan dijelaskan tentang cara membuat latte art yang benar.

Dasar dari latte art adalah espresso. Oleh karena itu, pada proses pembuatan latte art, Anda diharuskan untuk bisa membuat espresso terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda mulai berkreasi dengan berbagai bentuk yang diinginkan. Bentuk dari latte art ini cukup beragam mulai dari tingkatan yang paling mudah hingga yang paling sulit.

Membuat Latte Art Sendiri

  1. Membuat foam susu lembut

Salah satu ukuran keberhasilan dalam pembuatan latte art adalah membuat buih susu yang baik. Menghasilkan buih susu yang tepat memang membutuhkan beberapa kali latihan karena bukan sesuatu yang mudah. Jika buih susu yang dibuat kurang sesuai, maka hal ini akan membuat latte art menjadi terlihat samar dan tidak kontras dengan latar belakang.

Untuk membuat buih susu yang tepat, perhatikan betul-betul pada posisi steam wand. Untuk menghasilkan buih susu yang lembut, posisikan steam wand agak masuk dari corong milk jug dan bukan di tengah atau tepi. Posisi steam wand yang keliru dapat menyebabkan bunyi mengganggu ketika prosesnya.

Kriteria buih susu yang baik adalah yang kecil dan padat. Di sisi lain, buih susu yang besar lebih cocok untuk membuat cappuccino. Apabila buih yang dihasilkan besar, Anda bisa mengguncang milk jug supaya menjadi lebih lembut dan padat.

  1. Perhatikan teknik tuangan susu

Jika Anda sering memperhatikan, para barista akan melakukan gerakan khusus pada tuangan pertama susu ke dalam espresso. Hal ini bertujuan agar susu dan espresso bisa tercampur dengan sempurna. Kanvas yang terbentuk dengan baik akan membantu ketika membuat latte art. Biasanya barista akan menuangkan dengan ketinggian 5 sentimeter.

  1. Mendekatkan permukaan espresso

Dengan cara memiringkan cangkir, permukaan espresso akan menjadi lebih dekat dengan corong milk jug. Hal ini akan memudahkan proses penuangan susu untuk pembentukan latte art. Carilah cara paling nyaman untuk memegang cangkir ketika menuang susu, baik itu dari bawah atau samping. Jarak yang biasa digunakan untuk penuangan adalah 1 hingga 0,5 cm.

Jika Anda belum pernah membuat latte art sebelumnya, mungkin akan sedikit membutuhkan waktu untuk latihan. Namun, dengan memperhatikan cara membuat latte art di atas, setidaknya proses latihan Anda akan menjadi lebih terarah dan bisa membuahkan hasil maksimal dalam waktu yang lebih singkat. Setelah itu, Anda bisa mulai berkreasi dengan berbagai bentuk sesuai dengan kreativitas.

hary