Beberapa Pertimbangan Dalam Memilih Plugin WordPress

Jasa SEO Tangerang
Jasa SEO Tangerang

Jasa SEO Tangerang pernah menyinggung tentang manfaat plugin bagi optimasi website. Plugin adalah aplikasi tambahan yang berfungsi agar fitur website lebih kaya dan optimal. Perlu diketahui bahwa wordpress tidak memiliki banyak fitur ketika diinstal. Maka dari itu user memerlukan plugin agar website memiliki lebih banyak fitur.

Banyak jenis website yang bisa menawarkan ragam customisasi. Tapi anda tidak perlu menginstal semua plugin tersebut. User hanya perlu memilih yang sekiranya memang benar-benar diperlukan untuk perkembangan website. Berikut beberapa pertimbangan yang diberikan jasa SEO Tangerang sebelum memilih plugin :

  1. Active Instal dan Plugin Rating

User yang puas atau tidak puas biasanya akan meninggalkan rating sebagai feedback. Rating inilah yang bisa anda gunakan sebagai parameter untuk memilih plugin. Semakin banyak jumlah bintang yang diberikan pelanggan, maka semakin recomended untuk digunakan.

Sama halnya dengan active instal. Semakin banyak jumlah active install sebuah plugin, itu berarti plugin tersebut telah banyak didownload dan digunakan.

  1. Review

Setelah menemukan plugin dengan rating dan activ install yang tinggi, perhatikan juga reviewnya. Biasanya pengguna akan memberikan berbagai ulasan terkait pengalaman menggunakan plugin tersebut.

Ulasan tersebut bisa berupa reaksi,  pesan kesan, sisi positif dan negatif, kelebihan dan kekurangan hingga permasalahan yang sering terjadi saat menggunakan plugin yang bersangkutan. Perhatikan betul-betul ulasan tersebut. Baru putuskan apakah anda akan menggunakannya atau tidak.

  1. Screenshot

Jangan sepelekan tampilan screenshot sebuah plugin. Jasa SEO Tangerang menjelaskan dengan melihat tampilan screenshot user bisa membayangkan bagaimana hasil tampilan plugin jika nantinya diaplikasikan.

Screenshot akan memberi gambaran tentang tampilan secara visual lengkap dengan fitur yang akan diberikan. Oleh sebab itu, jangan lupa klik menu screenshot sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

  1. Hemat Resource Hosting

Seiring dengan pesatnya perkembangan dan persaingan website, tentu anda akan memerlukan banyak plugin. Sayangnya setiap plugin yang diinstall jelas akan menambah berat website anda. Tetap selektif dalam memilih plugin. Selalu pastikan plugin yang anda instal memiliki fungsi yang berbeda.

Terlalu royal dalam menginstal plugin justru akan membuat loading website menjadi lebih lama. Yang akan mengakibatkan berkurangnya jumlah pengunjung pada website. Selain itu, resiko keamanan akan mengintai website jika anda terlalu banyak memasang plugin.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih plugin. Perlu diketahui bahwa ada 40 ribu lebih plugin yang disediakan oleh wordpress. Mulai dari toko online, widget, SEO, dan lain sebagainya. Tidak semua plugin tersebut harus anda install pada website. Anda hanya perlu menginstal beberapa saja yang memang diperlukan oleh website.

Selain mempertimbangkan keempat hal di atas, anda juga harus memastikan bahwa hosting wordpress telah terinstall dengan baik. Jika belum, anda bisa menghubungi jasa SEO Tangerang.

 

artikel