Jenis-jenis kayu di Indonesia

Jenis-jenis kayu di Indonesia

Kayu adalah bagian batang atau ranting dan ranting tumbuhan yang dikeraskan dengan lignifikasi (kayu).

Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk memasak, furniture (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan masih banyak lagi. Kayu juga bisa digunakan sebagai dekorasi rumah tangga, dll.

Penyebab terbentuknya kayu adalah terbentuknya selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan di dalam batang.

Ilmu kayu mempelajari berbagai aspek klasifikasi kayu serta sifat kimia, fisik dan mekaniknya dalam kondisi penanganan yang berbeda.

Berbagai jenis kayu dipilih karena tahan air, bersekat dan mudah dibentuk.

Jenis kayu di Indonesia

Indonesia membutuhkan material kayu untuk furniture, bangunan, produk atau kerajinan tangan dan tidak diragukan lagi merupakan gudang untuk berbagai macam kayu kelas dunia. Iklim dan tanah, yang mendukung berbagai vegetasi subur, menawarkan keragaman kayu keras dan vena yang baik.

Kekayaan alam ini kita dengar terus menerus dari generasi ke generasi dan faktanya penebangan di Indonesia terjadi jauh sebelum kemerdekaan, meninggalkan tanah yang sekarang dirusak oleh penjarahan kayu. Namun demikian, masih banyak kayu yang dapat kita temukan saat ini karena masih terus berkembang atau peredarannya diatur secara ketat oleh peraturan pemerintah.

Masyarakat menggunakan kayu ini untuk tujuan yang berbeda dan beberapa dapat dibeli dari bahan berbasis kayu di tempat yang berbeda. Berikut ini hutan asli Indonesia yang sering berada di sekitar Anda yang perlu Anda ketahui.

1. Jati

Siapa orang Indonesia yang belum pernah mendengar nama Kayu Jati? Bagi banyak orang, kayu dengan rating kayu yang kuat seringkali menjadi patokan kualitas kayu. Kayunya yang umumnya berwarna coklat memiliki urat coklat tua yang jaraknya berdekatan.

Jati sebenarnya dibawa ke Indonesia oleh Belanda di Indonesia sekitar tahun 1800 dan tumbuh subur di beberapa daerah panas di pulau Jawa, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Kayu jati berkualitas baik biasanya dikirim pada suhu panas dan tanah berkapur seperti Jawa Tengah.

Kayu jati terkenal dengan kekuatan dan kepadatannya yang mempengaruhi keawetan kayu ini. Minyak pada jati dipercaya dapat meningkatkan ketahanan rayap, dan pori-porinya yang kecil memungkinkan kayu untuk diproses dengan baik. Kepadatan kayu jati menjadikannya kayu pilihan untuk diukir.

Kayu jati memiliki kekerasan antara 630-720 kg / m3

Jati sering diburu akhir-akhir ini untuk menciptakan nuansa pedesaan. Dengan berbagai karakter yang disebutkan sebelumnya, ia cocok dengan furnitur dan bahan ukiran yang bagus.

2. Meranti

Kayu meranti atau kayu kalimantan banyak digunakan untuk membuat kusen, furniture dan panel. Disebut Timber Kalimantan karena walaupun dapat tumbuh di berbagai wilayah Indonesia sebagai negara tropis, kayu Meranti tumbuh paling baik di wilayah Kalimantan.

Batang meranti bisa mencapai diameter hingga 70 meter dan diameter lebih dari 4 meter. Kayu meranti, bahasa Latin untuk mahoni Filipina, biasanya berwarna coklat kemerahan dan berbutir dan dijual di toko grosir sebagai papan atau kasau.

Kayu meranti memiliki kekerasan antara 580-770 kg / m

Kayu meranti tidak hanya digunakan sebagai bahan bangunan dan furniture, tetapi juga dapat digunakan sebagai pulp, dan buah tangkawang yang terbuat dari berbagai macam meranti dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

Karena merupakan kayu meranti maka kayu ini lebih cocok untuk bahan bangunan atau furniture yang digunakan cat untuk finishing.

3. Merbau

Berasal dari Maluku dan Papua, kayu ini merupakan jenis kayu keras yang dikenal dengan nama kayu ulin. Karena kualitasnya yang sangat baik, Merbauer Holz telah lama menjadi primadona baik di dalam maupun luar negeri.

Kayu Merbauer berwarna abu-abu tua atau coklat kemerahan dengan urat yang hampir lurus. Kayu ini bisa mencapai diameter hingga 50 meter dan diameter hingga 2 meter.

Karena kekerasan dan keawetannya, kayu Merbauer sering digunakan sebagai parkit untuk lantai, tiang pohon, kolam truk dan sebagai bahan bangunan jembatan. Saat ini harga kayu Merbauer cukup bersaing dengan harga kayu Jati.

Kayu Merbau dengan daya tahan tinggi juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kapal. Dari segi pengerjaan, Merbau tidak sulit untuk dipotong dan dikerjakan, tetapi cukup sulit untuk dibalik dan dipaku karena kuat, rapuh karena seratnya yang pendek.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.

Muchammat Kristanto