Kenapa Gigi Dapat Ringkih? Dokter Gigi Berikan Keterangan

Kesehatan mulut dan gigi ikut punya pengaruh pada keadaan kesehatan seorang, bila tidak dirawat karena itu bisa memunculkan permasalahan pada tubuh.

Keadaan gigi yang ringkih kerap karena rutinitas (habit) jelek seorang yang tidak jaga kebersihan gigi dan mulutnya.

Dokter gigi Drg. R. Ngt. Anastasia Ririen menjelaskan rapuhnya gigi umumnya dipacu factor masalah kesehatan pada jaringan gigi.

Masalah ini juga karena rutinitas jelek seorang dalam jaga kebersihan giginya.

Lihat Juga : Jadwal Dokter Gigi

“Kerapuhan gigi yang tersering disebabkan oleh penyimpangan berbentuk penyakit atau masalah kesehatan pada jaringan gigi. Terhitung jaringan simpatisan gigi itu sebagian besar disebabkan atau dipacu oleh masalah habit,” tutur Drg Anastasia, dalam siaran youtube ‘Sapa Dokter: Apakah benar Gigi Pria Lebih Ringkih dari Gigi Wanita?’, Jumat (26/2/2021) malam.

Factor ini, katanya, tidak berkaitan dengan kasus kerusakan gigi karena kecelakaan.

Walau ada juga kerusakan gigi yang karena berlangsungnya kecelakaan, bukan infeksi.

“Ini di luar kasus peristiwa pecahnya gigi, frakturnya gigi karena kecelakaan, atau peristiwa-kejadian yang bukan dipacu oleh peristiwa infeksi,” terang Drg Anastasia.

Dia juga mengutamakan jika siapa saja dapat alami gigi yang ringkih karena persoalan habit yang jelek ini tak terbatas pada gender.

Menurut dia, wanita atau lelaki bisa jadi alami hal tersebut karena ‘kebiasaan atau habit’ sebagai suatu hal yang sudah dilakukan berdasarkan pada keputusan individu yang sudah dilakukan dengan sadar.

“Nach berbicara mengenai habit, baik pria atau wanita, kita tidak dapat menjelaskan jika pria tambah jelek habitnya dibandingkan wanita ya. Berbicara habit ialah berbicara keputusan, berbicara opsi individu dari yang punyai raga, tidak dikuasai oleh gender,” kata Drg Anastasia.

Lihat Juga : Jadwal Dokter Gigi

dzail