12 Makanan Khas Filipina yang Lezat dan Wajib Dicoba

12 Makanan Khas Filipina yang Lezat dan Wajib Dicoba

Filipina merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki hamparan 7.641 pulau dan Filifina terkenal dengan keindahan alam yang menakjubkan, sehingga menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan wisatan mencanegara.

Filipina juga terkenal dengan ragam kulinernya yang unik dan setiap sajian kulinernya memiliki kelebihan masing-masing. Setidaknya ada beberapa pilihan kuliner khas Filipina yang sangat rekomended untuk dicoba.

Makanan Khas Filipina yang Lezat dan Wajib Dicoba

  1. Chicken Adobo

Chicken Adobo adalah salah satu makanan khas Filipina yang sangat unik. Penamaan Adobo berasal dari bahasa Spanyol yang artinya dimarinasi. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ayam dan cara membuatannya terbilang unik.

Chicken Adobo menjadi salah satu makanan tradisional khas Filipina yang diolah dengan dimarinasi campuran bumbu, saus kecap dan berbagai bahan tradisional yang lainnya. Racikan dan marinasi mampu memberikan cita rasa yang khas dan kental.

Tidak hanya dengan ayam, makanan ini juga bisa dibuat dengan bahan dasar daging babi. Namun untuk umat muslim, tentu tidak diperkenankan menikmati daging babi dan hanya direkomendasikan chicken adobo yang bahan dasarnya ayam.

  1. Kare Karehipwee-Kare-Kareng_beef

Kare Kare adalah salah satu makanan berkuah khas Filipina yang wajib untuk dicoba, karena memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Kare Kare yaitu sup buntut dan babat sapi dengan kuah yang ditambahkan dengan kacang tanah hasil ditumbuk.

Secara umum, bumbu tradisional bagoong terbuat dari hasil permentasi udang dan hasil perasan jeruk kalamansi. Ada juga tambahan berbagai bumbu yang mampu menambah cita rasa menjadi lebih kuat dan menyegarkan.

Kare Kare sangat nikmat saat disantap dengan sepering nasi yang hangat dan kuliner khas Filipina ini sangatnya mengenyangkan buat perut. Bagi anda yang berkunjung ke Filipina untuk liburan, tentu anda perlu mencoba makanan yang satu ini.

  1. Halo Halo

Halo Halo merupakan minuman khas Filipina yang sekilas sangat mirip dengan es campur di Indonesia dan minuman ini terkenal dengan rasanya yang menyegarkan. Minuman ini sangat cocok dinikmati siang hari saat kondisi sedang panas.

Varian ini Halo Halo memang lebih beragam dibandingkan dengan es campur di Indonesia. Campuran Halo Halo meliputi buah pisang, uni ungu manis, kelapa, nangka, susu, jgung, es krip dan nata de coco.

Minuman ini banyak dijual di sekitaran pantai yang ada di Filipina dan harganya juga terjangkau. Banyak sekali wisatawan asing yang sering menikmati Halo Halo di pinggir pantai sambil menikmati keindahan dari pantai yang ada di Filipina.

  1. Buko Pie

Buko Pie adalah salah satu pie khas Filipina yang berbahan dasar dari kelapa. Sesuai dengan namanya, Buko diartikan sebagai kelapa dalam bahasa Tagalog. Secara umum, makanan ini sangatlah populer di Cebu.

Buko Pie memiliki rasa yang manis dan berpadu dengan renyahnya kulit pie. Makanan ini tidak hanya cocok untuk camilan saat berada di Filipina, namun makanan khas ini cocok juga dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang tinggal di Indonesia.

  1. Lechon Babi

Lechon Babi yaitu salah satu makanan khas Filipina yang sangat identik dengan suatu perayaan, karena keberadaannya kebanyakan dalam sebuah perayaan. Kuliner berbahan dasar babi ini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Lechon Babi biasanya ditemukan dalam acara perayaan ulang tahun, perayaan natal, pesta pernikahan dan berbagai pesta lainnya. Ketika anda berkunjung ke Filipina dan ingin explore lebih jauh tentang Filipina, maka anda bisa membeli makanan ini dengan harga yang terjangkau.

  1. Beef Caldereta

Beef Caldereta adalah kliner khas Filipina yang terkenal dengan rasanya yang sangat nikmat. Makanan ini terbuat dari olahan cuka pasta, tomat, kentang dan wortel. Untuk campuran dagingnya biasanya menggunakan daging sapi, ayam atau babi.

Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi dan makanan ini bisa membuat perut kenyang. Makanan ini bisa ditemukan di Filipina dan biasanya dijual di restoran dengan harga yang lumayan terjangkau.

  1. Chicken Inasal

Chicken Inasal atau ayam bakar merupakan salah satu kuliner khas Filipina yang sudah tidak asing lagi buat masyarakat Indonesia. Ayam goreng khas Filipina ini diolah dengan campuran bumbu seperti kalamansi, serai, bawang putih dan merica.

Pada saat proses panggang, pastikan mengoleskan minyak achiete supaya ayam bakar memiliki cita rasa yang nikmat. Chicken Inasal biasanya dijadikan pelengkap nasi yang sangat mengenyangkan dan cocok disantap pada pagi atau malam hari.

  1. Kwek Kwek

Kwek Kwek adalah salah satu jajanan pinggir jalan khas Filipina yang memiliki popularitas sangat tinggi di kalangan anak sekolah. Makanan ini terbuat dari olahan telur bebak yang direbus dan digoreng dengan lapisan adonan, sehingga makanan ini menjadi renyah.

Makanan khas Filipina ini sangatlah mudah untuk ditemukan dan harganya juga terjangkau. Saat anda menikmati liburan di Filipina dan menjelajahi berbagai tempat wisata di Filipina yang menarik, maka jangan lewatkan untuk menikmati jajanan nikmat Kwek Kwek.

  1. Taba Ng Talangka

Taba Ng Talangka adalah salah satu bumbu khas Filipina yang bahan dasar pembuatannya dari olahan kepiting dan bumbu ini mampu menghadirkan cita rasa yang sangat gurih. Secara tampilan memang terlihat sederhana, namun secara rasa sangatlah luar biasa.

Taba Ng Talangka biasanya bisa diperoleh atau dibeli dalam bentuk pasta yang bisa dipakai untuk ragam racikan masakan khas Filipina. Apapun bahan dasar masakannya, kalo menggunakan bumbu Taba Ng Talangka pasti rasanya akan jadi enak.

Bumbu ini bisa dicampurkan dengan nasi dan mie. Meskipun secara tampilan kurang menggoda dan cenderung biasa, namun secara rasa sangatlah berbeda. Harga bumbu ini sangatlah murah dan terjangkau untuk berbagai kalangan.

  1. Sisig

Sisig menjadi makanan tradisional khas Filipina yang merupakan olahan dari jeroan dan daging yang dimasak bersama rangkaian bumbu serta rempah. Sisig memiliki aroma yang sangat harum dan sangat menggoda selera.

Sisig manjadi makanan yang nikma dijadikan sebagai pelengkap nasi putih dan makanan ini sangat enak disantap saat masih hangat. Meskipun lezat, makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa ditemukan di berbagai tempat wisata yang ada di Filipina.

  1. Bulalo

Bulalo merupakan salah satu makanan olahan yang berkuah dan menjadi makanan khas di Filipina. Makanan ini bisa menjadi alternatif yang rekomended untuk anda yang berkunjung ke Filipina. Meski secara tampilan biasa, namun makanan ini sangat lezat.

Makanan ini merupakan sup daging yang telah dilengkapi dengan berbagai sayuran dan makanan ini memiliki rasa yang unik. Rasa yang unik ditimbulkan dari potongan buah pisang yang langsung direbus bareng dengan kuahnya.

  1. Balut

Balut juga menjadi makanan khas Filipina yang memiliki popularitas tinggi dan sudah terkenal ke mancanegara. Makanan ini terbuat dari bahan dasar telur ayam atau telur bebek yang usianya telah mencapai 18 hingga 21 hari. Telur yang dijadikan bahan dasarnya biasanya telah menjadi sebuag embrio.

Demikian bahasan lengkap mengenai makanan khas Filipina yang lezat dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

 

Welly