Manfaat Daun Sirih Yang Bisa Kamu Gunakan.

Manfaat Daun Sirih Yang Bisa Kamu Gunakan.

Manfaat Daun Sirih – Sirih, siapa sih yang tak kenal. Khasiat dari daun sirih sudah banyak digunakan untuk kesehatan manusia. Sirih atau dengan nama latin Piper adalah tanaman yang tumbuhnya merambat dari Indonesia, kebanyakan sirih di tanaman sebagai tanaman pagar dan dimanfaatkan daunya sebagai obat.

Manfaat Daun Sirih.

Daun sirih diketahui mengandung minyak esensial berupa seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak serta kavikol yang memiliki kemampuan dalam membunuh kuman, anti-fungi, anti-bakteri, anti-septik serta anti-radang.

Maka dari itu berikut ini beberapa manfaat dari tanaman sirih untuk kesehatan.

1. Mengatasi Mimisan.

Sirih mampu menghentikan pedarahan pada hidung atau biasa disebut dengan mimisan. Hal ini karena sirih mampu mempercepat pengeringan luka dan mempercepat pembekuan darah. Caranya menggunakanya cukup remas daun sirih hingga halus lalu tempelkan kedalam lunang hidung dan tunggu sekitar 20 menir.

2. Menghilangkan Bau Badan.

Sirih memiliki sifat antibakteri dan antifungi yang bisa memberantas jamur dan bakteri penyebab bau tak sedap di badan. Cukup gunakan air rebusan dari daun sirih saat membilas tubuh saat mandi maka bau tak sedap ditubuh kamu akan segera berkurang.

Baiknya lakukan secara berulang hingga beberapa hari kedepan, serta cuci bersih pakaian kamu agar badan tidak bau kembali.

3. Mengobati Luka.

Manfaat sirih selanjutnya yaitu bisa kamu gunakan untuk mengobati luka agar tidak terinfeksi kuman, jamur dan kotoran berbahaya lainya. Sifat antiseptik pada daun dapat mencegah peradangan pada luka.

4. Mengatasi Keputihan.

Keputihan yang berlebihan terlebih lagi hingga mengeluarkan aroma tak sedap, rasa gatal dan warna cairan yang berubah harus segera diwaspadai. Walau ada banyak penyebab timbulnya masalah keputihan pada perempuan namun kamu bisa mencoba untuk membersihkan area miss V terlebih dahulu menggunakan daun tanaman sirih.

Penggunaan khasiat dari daun sirih dalam mengatasi masalah keputihan telah di lakukan sejak jaman lama sebagai pengobatan alami dan hingga kini pun masih banyak digunakan. Caranya menggunakanya cukup rebus beberapa lembar daun sirih yang kemudian air rebusanya dipakai untuk mencuci area yang kewanitaan, baiknya lakukan berulang disetiap sesudah mandi.

5. Mengatasi Bisul Dan Jerawat.

Daun sirih bisa menjadi obat alternatif dalam mengatasi masalah bisul dan jerawat, sifat alami antibakteri, antiradang dan antiinflamasi pada daun sirih dapat berguna dalam membunuh kuman penyebab timbulnya bisul dan jerawat. Cara menggunakanya cukup tumbuh halus daun sirih lalu tempelkan pada area kulit yang terdapat masalah jerawat dan bisul.

6. Atasi Bau Mulut Dan Sakit Gigi.

Jika kamu sedang mengalami sakit gigi atau aroma tak sedap pada mulut kamu saat sesudah makan, maka cobalah untuk menggunakan tanaman satu ini untuk mengatasinya. Sirih mempunyai kemampuan dalam menghilangkan kuman dan bakteri penyebab sakit gigi dan bau tak sedap pada area mulut.

Caranya cukup rebus daun sirih lalu kemudian air rebusanya dipakai untuk obat kumur.

Nah itulah beberapa khasiat dari daun sirih yang bisa kamu gunakan, menggunakan tanaman hebal sebagai salah satu pengobatan adalah hal yang wajar dan sah-sah saja dilakukan, namun yang perlukamu pertimbangkan ialah cara pemakaian dan dosis dari penggunaan yang jangan berlebihan.

Sumber : healty99

laurel