Margarin atau Mentega, Manakah Bahan Pembuatan Roti yang Sesuai? Yuk, Kenali Perbedaannya

main image

Margarin merupakan salah satu bahan makanan yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Produk hewani ini memiliki rasa yang cukup gurih dan kaya akan vitamin. Margarin terbuat dari susu yang sudah melalui proses pasterurisasi sehingga terjaga kebersihan dan sudah dipastikan steril. Namun, tak sedikit orang yang masih sering kali tertukar antara margarin dan mentega. Terutama, bagi para pemula yang hendak membuat roti. Padahal ada banyak sekali perbedaan antara margarin dan mentega. Mulai dari bahan pembuatannya hingga kegunaan dari kedua bahan makanan tersebut.

Perbedaan Margarin dan Mentega yang Wajib Diketahui

Bagi Anda yang hendak membuat roti dan sedang mencari bahan pembuatannya dan membutuhkan margarin sebagai salah satu bahannya, mengetahui perbedaan antara margarin dan mentega sangatlah penting. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi kualitas dari roti yang Anda buat. Nah, beberapa hal berikut ini bisa menjadi hal yang memudahkan Anda untuk mengetahui perbedaan margarin dan mentega.

  • Komponen utama pembuatannya

Margarin dan mentega merupakan dua jenis bahan yang digunakan untuk membuat roti. Namun, kedua bahan ini terbuat dari komponen utama yang berbeda. Komponen utama untuk pembuatan mentega yaitu susu sapi. Namun, tidak jarang juga ditemukan margarin yang terbuat dari susu kerbau maupun susu domba & kambing. Proses pembuatan margarin yaitu dengan melalui proses pasteurisasi. Proses pasteurisasi merupakan proses memanaskan susu pada suhu tertentu untuk mensterilkan susu tersebut dari berbagai macam bakteri serta pathogen yang berbahaya bagi tubuh. Setelah itu, susu akan diaduk hingga mengental. 

Sedangkan margarin merupakan bahan pangan yang terbuat dari lemak nabati. Margarin banyak digunakan sebagai salah satu bahan pengganti mentega. Selain terbuat dari minyak nabati, bahan pembuatan margarin juga terdiri dari air, pengemulsi serta garam sehingga memiliki rasa yang gurih. 

  • Kegunaan Margarin dan Mentega

Selain dibedakan dari bahan pembuatannya, penggunaan dari margarin serta mentega juga berbeda. Keduanya memang bisa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan roti. Namun, keduanya memiliki pengaplikasian yang berbeda tergantung jenis roti yang akan dibuat. Anda bisa menggunakan mentega untuk membuat kue kering. Sedangkan pada roti basah, margarin akan lebih cocok.

Margarin sebagian besar terbuat dari lemak nabati sehingga memiliki kandungan air yang cukup banyak dibandingkan mentega. Makanan yang menggunakan margarin akan menghasilkan tekstur makanan yang lebih keras saat makanan tersebut di panggang. Sehingga margarin sangat cocok untuk membuat kue basah seperti bolu, cake maupun roti tawar. Berbeda dengan mentega yang bisa membuat adonan menjadi lebih lembut karena mengandung susu. Pembuatan kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel dan berbagai olahan roti kering lainnya sangat cocok menggunakan mentega. 

Pada penggunaan margarin dan mentega tidak ada yang salah untuk penerapannya. Anda juga bisa menggunakan kedua bahan tersebut untuk membuat kue kering. Sehingga kue yang dihasilkan menjadi lebih lembut serta tidak mudah hancur.   

  • Margarin atau Mentega, mana yang Lebih Sehat?

Bagi Anda yang hendak menggunakan kedua bahan tersebut dan memilih untuk hidup sehat, lantas manakah yang lebih sehat? Margarin atau mentega? Margarin terbuat dari lemak nabati sedangkan mentega terbuat dari susu. Keduanya mengandung lemak. Namun, lemak nabati jauh lebih sehat dan mengandung lemak jenuh yang sedikit dibandingkan mentega yang terbuat dari susu. Bahan yang terbuat dari susu memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Sehingga margarin sangat cocok untuk Anda yang mempertimbangkan makanan yang rendah kolesterol dan rendah lemak.

sartika