Memahami Teknologi iBeacon

Memahami Teknologi iBeacon

edipurwanto-iBeacon atau kadang-kadang disebut Beacon, adalah teknologi yang memungkinkan pengguna Aplikasi seluler untuk mendengarkan sinyal dari beacon di dunia fisik. Teknologi iBeacon memungkinkan Aplikasi seluler mengirimkan konten hiper-kontekstual kepada pengguna berdasarkan lokasi. Teknologi ini memanfaatkan Bluetooth dengan energi rendah.

Teknologi Rendah Bluetooth

Ini adalah teknologi yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam jarak pendek. Dari namanya, teknologi ini mengkonsumsi energi yang sangat rendah. Menurut pembuat Aplikasi, teknologi rendah Bluetooth dapat bertahan hingga 3 tahun dengan satu baterai sel koin.

Dari segi biaya, teknologinya 60-80% lebih murah daripada Bluetooth tradisional.

Bluetooth hemat energi sangat ideal untuk aplikasi sederhana yang memerlukan transfer data kecil secara berkala. Bluetooth klasik adalah jenis Bluetooth yang paling disukai.

Bagaimana iBeacon Bekerja

Seperti yang disebutkan, suar yang dipasang di ponsel Anda mendengarkan sinyal yang dikirim dan merespons sesuai saat ponsel berada dalam jangkauan. Misalnya, jika Anda memberikan suar di toko, toko pengecer akan menampilkan peringatan penawaran khusus untuk Anda. Jika Anda mengunjungi museum, aplikasi museum akan memberi Anda informasi khusus tentang tampilan terdekat.

iBeacon adalah masalah besar karena memungkinkan merek, aplikasi, dan pengecer untuk memahami di mana pelanggan berada di lingkungan fisik. Karena pihak yang terlibat tahu di mana pelanggan berada, mereka dapat mengirim pesan dan iklan berharga di telepon pelanggan.

Bagaimana Teknologi Berbeda Dari Teknologi Lain

Ada beberapa cara yang membedakan iBeacon dari teknologi berbasis lokasi lainnya. Salah satu perbedaannya adalah iBeacon merupakan pemancar satu arah ke perangkat penerima. Anda juga harus menginstal aplikasi iBeacons di perangkat Anda agar Anda dapat berinteraksi dengan beacon.

Poin Untuk Dicatat

Meskipun, teknologi iBeacon dirancang untuk mengirimkan iklan, iklan tidak akan mengganggu Anda karena teknologinya tidak mengirimkan pesan yang tidak berguna. Selain itu, teknologi tidak akan mengirimkan pemberitahuan sampai ambang tertentu tercapai.

Jika Anda menerima banyak notifikasi, Anda dapat menghentikannya dengan mengubah izin. Anda juga dapat menghentikan pemberitahuan dengan mematikan Bluetooth atau dengan mencopot pemasangan aplikasi iBeacon.

Kesimpulan

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang iBeacon. Meskipun, teknologinya dimulai dengan tujuan mengirim iklan dan memberi tahu konsumen tentang penawaran yang tersedia, sekarang digunakan untuk fungsi lain seperti transfer uang.

Muchammat Kristanto