Mengenal Berbagai Manfaat Ear Plug untuk Kesehatan Telinga

Mengenal Berbagai Manfaat Ear Plug untuk Kesehatan Telinga

Pernahkah Anda melihat atau menggunakan penyumbat telinga? Meski ukurannya kecil, alat ini sangat berguna karena berguna untuk menyaring suara-suara yang bisa merusak telinga. Juga, apa keuntungan lain dari menggunakan penyumbat telinga? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu earplug?

Ear plug atau penyumbat telinga sebagai penutup telinga untuk melindungi telinga. Alat ini terbuat dari busa atau plastik dan berukuran kecil. Alat pelindung telinga ini dapat digunakan dengan cara memasukkannya langsung ke dalam liang telinga.

Sedang mencari alat bantu dengar? bisa kunjungi pusat alat bantu dengar aqm-hearingcenter.com

Ada banyak jenis telinga yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Penyumbat telinga juga mudah digunakan dan dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. Dikutip dari National Institutes of Health, penyumbat telinga termasuk dua jenis berikut.

1. Earplug busa yang bisa diperbesar

Seperti namanya, foam earplug adalah penutup telinga yang terbuat dari gulungan tipis busa. Alat ini digunakan dengan cara memasukkan sekitar setengahnya ke dalam liang telinga. Setelah dipasang, earbud busa akan menyesuaikan dengan bentuk telinga untuk rasa nyaman.

2. Earplug yang sudah dilipat

Penyumbat telinga ini terbuat dari plastik, karet, atau silikon. Bentuk pelindung telinga yang dilipat ini biasanya tajam, mirip dengan kerucut yang menyerupai kerucut es krim. Penutup telinga ini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai usia. Anak-anak bisa menggunakan penyumbat telinga, tetapi orang dewasa bisa memakai penyumbat telinga yang lebih besar.

Apa saja manfaat earplug?

Seperti yang telah disebutkan, penyumbat telinga dapat melindungi telinga Anda dari kebisingan. Tapi, lebih dari itu, penyumbat telinga juga berguna untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit telinga dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Apa saja manfaat earplug?

1. Mencegah tuli akibat kebisingan

Noise-Induced Noise-Induced Noise (NIHL) atau tuli akibat kebisingan adalah kerusakan pada struktur sensitif di telinga karena terlalu banyak kebisingan.

Kondisi ini adalah satu-satunya gangguan pendengaran yang dapat dicegah. Salah satu caranya adalah dengan memakai pelindung pendengaran. Pelindung pendengaran, termasuk penyumbat telinga, kami sarankan untuk menghindari kemacetan.

Kategori kebisingan melebihi batas di atas 85 desibel (dB) selama lebih dari delapan jam berturut-turut. Kami menyarankan juga untuk memasang telinga untuk berlangsung konser atau kebisingan lainnya.

2. Mencegah infeksi telinga

Mengenakan penyumbat telinga saat berenang dapat mencegah infeksi telinga akibat menelan air, seperti otitis eksterna. Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menyalurkan suara dari luar ke telinga (saluran telinga).

Anda pasti akan tertular jika sering berenang tanpa menggunakan penyumbat telinga (ear plug). Tidak mengherankan, beberapa orang mengatakan bahwa mereka memiliki perenang telinga yang buruk.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Penyumbat telinga dikatakan digunakan saat tidur. Perangkat ini dapat memblokir kebisingan sekitar, terutama suara yang mengganggu. Bagi Anda yang tinggal di sekitar pabrik, jalan raya, atau bandara, headphone sudah sangat berguna.

Tidur yang lebih baik dengan penyumbat telinga pasti akan mempengaruhi kualitas hidup Anda. Misalnya, Anda tidak mengantuk di siang hari, tetap produktif, menjaga mood, dan tidak stres. Selain tidur malam yang nyenyak, memakai penyumbat telinga memberikan manfaat lain.

Apa risiko mengenakan earplug?

Meski memiliki banyak manfaat dan dianggap aman, pemakaian penyumbat telinga juga bisa menimbulkan efek samping negatif. Ini bisa lebih berbahaya jika Anda menggunakan pelindung telinga ini terlalu sering. Menggunakan perangkat ini dapat menyebabkan iritasi telinga.

Anda butuh layanan tes pendengaran tangerang dan sekitarnya? bisa cek pada tautan tersebut.

Penyumbat telinga dapat memaksa kotoran telinga untuk dikeluarkan. Akibatnya, kotoran telinga akan kembali masuk, menumpuk, dan menyebabkan penyumbatan. Dalam jangka panjang, penyumbatan kotoran telinga ini dapat menyebabkan kotoran telinga, pusing, kesulitan mendengar, dan tinnitus (nanti di telinga). Oleh karena itu, jika Anda rutin memakai penyumbat telinga dan mengalami ketidaknyamanan pada telinga, segera periksakan ke dokter.

ansyah