Pahami Bentuk Pola Pemanas Surya pada Kolam Renang Minimalis

Pahami Bentuk Pola Pemanas Surya pada Kolam Renang Minimalis

Sesuai dengan berbagai hal yang telah kita ketahui, jika mayoritas sistem pemanas kolam renang dengan tenaga surya akan bekerja dengan dasar yang sama, dimulai pada air yang dipompa keluar dari kolam renang, lalu air mengalir melalui proses yang telah dipanaskan oleh matahari, dan kembali ke kolam renang dengan suhu yang lebih hangat. Tapi, ada banyak jenis sistem pemanas surya yang bekerja sedikit berlainan dan memiliki berbagai macam manfaat tertentu, mari kita bahas.

Mekanisme Kolektor Tabung Evakuasi

Perlu kita ketahui bahwa proses kolektor tabung yang dievakuasi ini terlihat seperti langkah pemanasan yang paling efisien buat kolam renang, walau secara garis besar memiliki arti lebih mahal daripada proses termal. Dan perbedaan ongkos antara proses termal ini dengan yang lain kurang lebih 20 % sampai 100 % lebih banyak. Namun, proses kolektor tabung yang dievakuasi ini lebih terbukti dalam mengumpulkan panas, bahkan di cuaca yang lebih dingin, sehingga sangat memungkinkan jika air kolam renang akan sampai suhu yang diinginkan dalam waktu yang pastinya jauh lebih baik.

Proses kolektor tabung yang dievakuasi memiliki jaringan tabung kaca kecil sampai tabung kaca yang bertambah besar didalamnya, oleh karena itu mereka membuat ruang hampa di antara kedua nya. Pada saat sinar matahari memanaskan kaca, panas akan terlilit dalam ruang hampa lalu dipindahkan ke penukar panas, dan proses ini akan melaju ke kotak air. Selanjutnya air kolam renang akan dipompa melalui kotak air, di mana air bisa dihangatkan oleh penukar panas sebelum air kembali lagi ke kolam renang dengan suhu air yang bertambah tinggi. Proses ini cukup baik untuk cuaca yang kurang memperoleh sinar matahari, karena akan makin efisien dalam menahan energi panas karena proses insulasi nya. Air dapat dipanaskan ke suhu yang semakin bertambah tinggi, sampai pada saat di mana sangat sedikit sinar matahari yang didapatkan atau cuaca hujan.

Jasa Kontraktor Pembuatan Kolam Renang Minimalis Terbaik selama 34 tahun di seluruh Indonesia.
Jasa Kontraktor Pembuatan Kolam Renang Minimalis Terbaik selama 34 tahun di seluruh Indonesia.

Mekanisme Kolektor Surya Termal

Mekanisme ini sudah menjadi tipe sistem pemanas surya yang paling umum lho. Yap benar kolektor surya, terkadang dikenal sebagai panel surya, umumnya komponen ini akan ditempatkan di atap rumah, bahkan terkadang dapat ditempatkan lebih dekat ke kolam renang ataupun halaman kosong. Kolektor surya bisa jadi tipe pemanas tenaga surya paling terjangkau yang terbentuk dari anyaman karet atau plastik, yang nantinya air kolam akan segera diteruskan melalui satu kelompok tabung. Kolektor surya ini lumayan baik jika pemilik kolam renang tinggal di daerah dengan cuaca yang hangat dan cerah, tapi umumnya kurang efektif pada keadaan suhu yang pastinya lebih dingin.

Disaksikan dari beberapa segi, ini memiliki makna jika sistem itu mungkin tidak dapat memanaskan kolam renang waktu beberapa waktu dalam setahun, tetapi mereka dapat digunakan bersamaan dengan bentuk pemanas kolam lainnya. Kolektor surya yang berlapis kaca memang lebih efisien, tetapi karena mereka dibuat dari kaca, tembaga, dan aluminium yang dikeraskan, tentunya harga akan semakin mahal. Tapi, pengumpul berlapis kaca tentu saja lebih efektif dalam mengumpulkan panas pada cuaca yang lebih dingin, jadi mereka menjadi pilihan yang lebih tepat jika Anda tinggal di daerah yang lebih dingin atau berawan. Mereka sering memberikan panas yang cukup untuk menikmati kolam renang sepanjang tahun.

Inspirasi Budi’s Pool jadi Kontraktor Kolam Renang Minimalis dalam memberikan Mekanisme Pemanas Tenaga Surya yang Terhebat

Jasa Kontraktor Pembuatan Kolam Renang Minimalis Terbaik selama 34 tahun di seluruh Indonesia.
Jasa Kontraktor Pembuatan Kolam Renang Minimalis Terbaik selama 34 tahun di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan banyak hal yang telah kita ketahui bila ada bermacam-macam sistem tenaga surya yang sudah pasti memiliki kelebihan sendiri dan metode yang berbeda. Ini akan membuat anda cukup bimbang untuk menentukan sistem apa yang sesuai dengan kolam renang yang dimiliki kan?. Oleh karena itu kami, Budi’s Pool sebagai Kontraktor Kolam Renang Profesional 34 tahun di Indonesia akan selalu menemani anda saat membuat kolam renang dan tentunya sesuai kepentingan yang anda harapkan.

rifkidan