Fri. Aug 12th, 2022

Alat ukur mekanik presisi merupakan alat ukur yang mempunyai kemampuan mengukur sampai ukuran terkecil sesuai kebutuhan pemakainya. Dalam bidang ilmu teknik pemesinan, alat ukur merupakan salah satu hal utama yang harus dipahami. Proses manufaktur saat ini memproduksi komponen-komponen yang presisi dan sudah diuji dengan alat ukur dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Agar tuntutan dunia industri terpenuhi maka ilmu pengetahuan tentang alat ukur mekanik presisi wajib dilakukan oleh orang yang mempunyai keinginan bekerja di bidang pemesinan (industri manufaktur).

 

Jangka sorong
Jangka sorong adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur dimensi benda dengan tingkat  ketelitian yang beragam. Pada kenyataannya jangka sorong lebih teliti daripada mistar ukur. Alat ukur ini memiliki penyebutan yang cukup banyak diantaranya mistar sorong, mistar geser, sigmat atau vernier calipers. Pada batang ukurnya jangka sorong memiliki pembacaan skala utama yang sama dengan mistar ukur.

Selain skala utama, jangka sorong juga memiliki skala nonius yang perannya sangat penting dalam proses pengukuran. Skala nonius inilah yang membedakan tingkat ketelitian jangka sorong.

 

Kelebihan dalam penggunaan jangka sorong yaitu dapat digunakan untuk mengukur ketebalan, diameter luar, diameter dalam, kedalaman lubang, tingkat/step, dan panjang suatu benda.

 

Jenis-jenis jangka sorong
Terdapat tiga jenis jangka sorong yang akan dibahas kali ini diantarannya adalah jangka sorong analog (vernier caliper), jangka sorong jam ukur (dial caliper), dan jangka sorong digital (digital calipers). Pada jangka sorong analog dilengkapi skala nonius yang berfungsi untuk mengukur tingkat ketelitian suatu benda. Maksimal ketelitian yang dapat diukur adalah 1/50 atau 0,02 mm untuk skala metrik dan 0,001 inch untuk skala imperial. Berikut gambaran konstruksi jangka sorong secara umum.

 

Ada jangka sorong yang tidak dilengkapi skala nonius sehingga diganti dengan jam ukur dan alat ukur digital. Tingkat ketelitian pada jangka sorong ini yaitu 0,05 sampai 0,01 mm dan 1/128 inchi sampai 0,001 inchi.

 

Terakhir ada jangka sorong yang tidak dilengkapi skala nonius dan diganti dengan tampilan digital. Pada jangka sorong ini pengukuran ditampilkan melalui LCD (Liquid Crystal Display). Tingkat ketelitian pada jangka sorong ini lebih teliti yaitu 0,01 mm dan 0,001 inch.

By toha