Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas

 

Pemandian Air Panas

 

Ada berbagai tempat di Indonesia yang terdapat Pemandian air panas  , ini bukan hanya tempat wisata yang hanya bisa kita lihat pemandangnnya saja tapi juga  bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh kita jika kita berendam ke dalamnya.  Pemandian air panas menggunakan mata air panas alami , sedangkan mata air panas adalah  mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air yang keluar suhunya di atas 37 °C (suhu tubuh manusia), namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih.[1] Di seluruh dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk di dasar laut dan samudra. Nah mari kita ketahui beberapa pemandian air panas yang ada di Jawa Tengah, berikut adalah beberapa pemandian yang terdapat di Jawa Tengah :

Baca Juga : Handal Water Heater

 

1.Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian air panas terletak di  Dusun Kali, Desa Diwak, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang Semarang.Nama Diwak berasal dari singkatan bahasa jawa yaitu “ Kendi Kawak” yang berarti kendi kuno . Pemandian air panas di sini mengandung belerang, cocok untuk kalian  yang ingin mengehilangkan  lelah sekaligus mencegah  berbagai masalah kulit.

2.Pemandian Air Panas Derekan

Tidak jauh dari pemandian air panas Diwak, ada juga pemandian air panas Derekan. Terletak di  Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Semarang.

3.Pemandian Air Panas Gedong Songo

Sesuai namanya, pemandian air panas ini berada di dalam kawasan candi Gedong Songo. Anda bisa berendam di air panas setelah  lelah berkeliling kawasan candi yang berbukit dan cukup luas ini.

4.Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

Berada tak jauh dari kabupaten  Semarang, apemandian air panas Nglimut Gonoharjo terletak di kabupaten Kendal.

5.Pemandian Air Panas Baturraden

Lokawisata Baturraden merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang terletak di Purwokerto. Berada di lereng Gunung Slamet, tempat ini juga punya pemandian air panas .

6.Pemandian Air Panas Guci

Posisinya berada di lereng Gunung Slamet, tepatnya di desa Guci, kabupaten Tegal.

Pemandian air panas ini dikenal dengan nama Pancuran .Namanya diambil dari jumlah pancuran yang ada di sini. Sama seperti pemandian air panas lainnya, air di pemandian ini juga mengandung belerang.

 

Berikut juga ada beberapa manfaat dari pemandian air panas :

1.Mengeluarkan racun dari tubuh

Mandi dan berendam di air panas dengan suhu sekitar 32-35 derajat Celcius akan membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Berendam menggunakan air panas juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan untuk berendam yaitu sekitar 10 hingga 20 menit.

2.Menghilangkan stres

Mandi atau berendam air panas bisa meringankan beban pikiran. Untuk temperatur air untuk mandi atau berendam sekitar 30-35 derajat Celcius. Mandi atau berendam dengan air panas bisa meredakan ketegangan, apalagi berendam sambil menikmati keindahan alam yang ada di pemandian air panas Tirta Husada.

3.Mengobati penyakit kulit

Mandi atau berendam menggunakan air panas juga bisa mengobati penyakit kulit seperti eksim, ruam, gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya. Untuk mengobati penyakit kulit ini, disarankan berendam di air panas selama 10 hingga 20 menit.

4.Mengobati infeksi

Mandi atau berendam di air panas juga bisa membantu penyembuhan penyakit infeksi kulit. Hal ini karena belerang yang ada di air panas itu mengandung antiseptik. Disarankan berendam sekitar 15 hingga 20 menit.

5.Mengobati flu dan sakit kepala

Merendam kaki dalam air panas bisa membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala. Selain itu, merendam kaki juga bisa menyegarkan kembali kaki yang kelelahan. Disarankan merendam kaki selama 10 hingga 20 menit, setelah itu basuh kaki menggunakan air dingin.

6.Mengobati insomnia

Merendam kaki di dalam air panas sangat baik bagi penderita penyakit insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Caranya, masukkan kaki ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit sampai kaki berasa hangat.

7.Memperlancar sirkulasi darah

Merendam badan di air panas bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

8.Mengobati jerawat

Sulfur yang terkandung di air panas alami bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Caranya, usapkan air panas yang mengandung belerang itu ke wajah secara berkali-kali.

9.Penyakit tulang

Berendam air panas alami juga bisa meringankan keluhan penyakit tulang seperti rematik, sakit bahu, dan sakit pergelangan tangan dan kaki.

10.Menurunkan kadar kolesterol

Nah itu ada beberapa tempat dan manfaat dari pemandian air hangat yang ada di Jawa Tengah . Namun di masa pandemi beberapa tempat wisata pemandian air panasyang tutup karena pandemi. Jadi bagi kalian yang ingin merasakan pemandian air panas tanpa harus pergi dan mencari kesana kemari empat yang buka ,nih aku ada tips bagi kalian yang ingin merasakan pemandian air panas di ruumah.Pertama kalian siapkan bak mandi lalu kalian rebus air dalam jumlah bayak dan cukup  untuk mengisi bak tersebut ,nah begitu tapi bagi kalian yang merasa kesusahan atau meraa terlalu lama dalam menunggu air mendidih , lebih baik kalian gunakan Water Heater agar lebih mudah dan lebih cepat .Apalagi jika kalian gunakan merk Water Heater yang hemat listrik dan harga yang terjangkau yaitu Elterra Water Heater, merk ini termsuk  dalam jenis Water Heater Listrik. Nah itu juga beberapa tips buat kalian yang ingin merasaka pemandian air panas . Oke sekian dan terimakasih ,semoga bermanfaat.

 

 

 

 

suyua