Pengertian Dan Jenis-Jenis Flow Meter

Flow meter adalah alat yang digunakan untuk mengetahui ada suatu aliran material (liquid, gas, powder) di dalam suatu aliran dengan segala segi aliran itu sendiri yaitu kecepatan aliran atau flow rate dan keseluruhan massa atau volume dari material yang mengalir di dalam jangka sementara khusus atau kerap disebut totalizer.

Dengan diketahuinya parameter dari aliran suatu material oleh alat ukur flowmeter yang dikirim berbentuk data angka mampu juga diteruskan fungsi menghasilkan aliran listrik atau tanda yang mampu digunakan sebagai input terhadap pengecekan atau rangkaian eletrik lainnya.

 

Jenis-Jenis Flow meter

Jenis Flow meter berdasarkan style dan langkah kerjanya ada lebih dari satu style pada lain :

 Orifice Flow Meter

Flow Meter style ini terhadap prinsip kerjanya manfaatkan pressure difference dan mampu digunakan untuk high temperature maupun high pressure.

Orifice Flow Meter disamping mampu digunakan untuk mengukur aliran liquid, gas juga mampu umtuk diaplikasikan terhadap aliran steam. Flow Meter yang dibikin dari bahan UPVC, PE dan PP atau PTFE sangat sesuai sekali untuk aplikasi aliran chemical yang corosive. Pada style Orifice Flowmeter ini ada juga yang diaplikasikan untuk cairan matrial yang berat / kental seperti cairan slude terhadap sistem WWT atau mengukur gas yang membawa humadity yang tinggi.

 

Ultrasonic Flow Meter

Ultrasonic Flow Meter mampu diartikan banyak hal. Semenjak tenar dengan sebutan Portable Ultrasonic Flow Meter, para teknisi memikirkan bahwa flowmeter adalah Portable Ultrasonic Flowmeter. Bagaimanapun juga, Portable Ultrasonic Flowmeter adalah sebuah alat yang dibutuhkan untuk mengukur kecepatan aliran, volume, aliran jaman dari cairan atau gas.

Ada lebih dari satu perusahaan yang mencoba mengembangkan teknologi ini untuk aplikasi uap tetapi sejauh ini aplikasi dari alat ini masih berbentuk tidak umum atau terbatas. Ultrasonic Flowmeter sejauh ini dibikin di dalam segala style dan range aplikasi dari transmit sementara atau doppler sebagai aliran dasar atau aliran fluid, rendahnya anemometer untuk melukiskan mahalnya gas alam sebagai aplikasi transfer tahanan. Harga untuk sebuah Ultrasonic Flow Meter mampu berkisar antaraUSD 25 USD 150.000 tergantung terhadap aplikasinya.
Prinsip Operasi

Pada dasarnya orang bakal membedakan satu teknologi dari dua style tehnik pengukuran bakal tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah Ultrasonic Flowmeter bakal dikategorikan kedalam style Doppler (yang mana digunakan untuk menggeser prinsip Doppler). Atau peralatan pemindahan yang berbentuk mengukur selisih waktu. Perbedaan ini mungkin telah membawa alasan yang cukup simpel untk mengklasifikasikan ultrasonic dengan ringan di dalam dunia industri. Jika seseorang mempelajari tehnik pengukuran ultrasonic flowmeter, mereka mungkin bakal mendapatkan lebih dari satu teknologi yang mungkin salah pengklasifikasian.

Dalam hal ini Dopper Flow Meter yang mana terdapat Doppler shift yang diukur dengan manfaatkan gelombang continue pad afrekuensi yang tetap atau variasi seperti yang berjalan di dalam pergantian Doppler shift yang diukur dengan manfaatkan getaran.

Pada UltraSonic Flowmeter transmisi dari gelombang yang lewat sensor secara tidak segera behubungan dengan fluida dinamakan non contact type. Bisa juga berjalan salah konsepsi atau penyederhaan terhadap sementara transit flowmeter. Beberapa Informasi mengklasifikasikan style yang baru sebagai “Transi Time” dan yang lainnya manfaatkan “Correlation Transit Time”.

Sekarang dibikin gabungan pada ke dua transit tadi dengan teknologi ultrasound, hal ini amat mungkin untuk mengetahui secara pas seberapa banyak manfaat dan hitung dari tehnik yang actual.

Tipe Ultrasonic Flow Meter ini cukup digemari khusunya bagi mereka yang menginginkan style flow meter yang yang mampu dipindah – pindah atau dengan kata lain mampu dibawa kemana – mana atau boleh dikatakan sebagai flow meter jinjing.

Cara pengoperasiannya pun juga cukup simpel yaitu tinggal di ikat ke pipa yang bakal diukur flownya. Sedangkan untuk keluaran dari flowmeter mampu hanya dibaca terhadap display dan juga ada yang disempurnakan dengan printer agar hasil pengukuran mampu segera disimpan berbentuk hardcopy dan ada juga yang hasil pengukuran mampu segera disimpan terhadap memory card berbentuk softcopy yang mampu segera dibaca oleh pc dengan manfaatkan card reader.

 

Glass Tube Flow Meter

Tipe Glass Tube Flow Meter banyak digunakan untuk aplikasi pemasangan dengan sistem vertikal dan besaran flow rate mampu segera dibaca terhadap tabung kaca yang mana bahan dari kaca cukup baik yaitu pyrex glass. Jenis Glass Tube Flow Meter ini banyak digunakan disaat instalasi pipa cairan tidak membawa area horisontal yang cukup agar tidak sangat membutuhkan area yang luas.

Untuk Aplikasinya GlassTube Flow Meter ini hanya maksimal terhadap temperature 120 derajad celcius, sedang pressure maksimal terhadap style ini tidak sangat tinggi hanya terhadap kisaran 10 bars, sedang untuk style Glass Tube Flow Meter ini hanya untuk liquid dan gas. Sedangkan kecuali kami menginginkan untuk pressure working yang lebih tinggi di kisaran sampai 60 bar mampu diguakan style metal Tube Flow Meter

 Electromagnetic Flowmeter

Elektromagnetic Flowmeter merupakan style Flow Meter merupkan style flow meter yang membawa populasi tertinggi untuk flowmeter yang digunakan untuk mengukur fluid baik berbentuk air ataupun cairan lainnya baik alirannya corosive, kotor dan lumpur. Karena pemakaiannya yang banyak lebih dari satu besar para produsen flow meter membawa produk style elektromagnetic Flowmeter.

Electromagnetic flowmeter yang paling banyak digunakan di dalam aplikasi pengukuran airan air dan limbah dan chemical. Sebagian besar Aplikasi dari pemanfaatan Electromagnetic Flowmeter adalah untuk dunia industri seperti Industri Makanan, Minuman, Farmasi, Perhotelan, dan pengolahan limbah sebab perlu manfaatkan flowmeter yang mencukupi syarat-syarat sanitasi.

Electromagnetic Flowmeter banyak dipakai terhadap aplikasi pengukuran liquid yang berbentuk cairan dan lumpur, yang membawa karakter penghantar listrik (electrically conductor) dimana komponen utama dari flowmeter electromagnetic adalah berbentuk tabung flow (unsur utama) yang dipasang kumparan listrik baik di dalam tabung maupun di luar flow tube.

Presure Drop di Flow Meter electromagnetic adalah mirip seperti halnya aliran liquid yang melalui pipa panjang, hal ini sebab tidak ada anggota yang bergerak atau halangan untuk flow. Voltmeter posisinya ada yang dipasang segera terhadap tabung flow meter yang biasa disebut dengan sistem local atau mampu juga dipasang ditempat lain yang dihubungkan dengan kabel sesuai dengan keadaan lapangan dimana ini kerap disebut dengan sistem remote.

Magnetic Flowmeter terhadap prnsipnya manfaatkan Hukum Faraday mengenai induksi elektromagnetik. Menurut prinsip ini, disaat medium konduktif lewat medan magnet yang lantas menghasilkan tegangan.

Tegangan ini berbanding lurus dengan kecepatan medium konduktif, kerapatan medan magnet, dan panjang konduktor. Dalam Hukum Faraday, ketiga nilai selanjutnya dikalikan secara dengan-mirip beserta dengan konstan, untuk menghasilkan besarnya tegangan. Oleh sebab itu, cairan yang diukur oleh flowmeter electromagnetic perlu berbentuk sebagai conductor electric.

Magnetic Flowmeter memiliki keunggulan utama bahwa flowmeter electromagnetic ini mampu mengukur cairan konduktif dan cairan korosif dan lumpur, dan akurasi pengukuran flow cukup akurat.
Keterbatasan utama untuk Magnetic Flowmeter adalah tidak mampu mengukur hidrokarbon (yang nonconductive), dan sebab itu tidak banyak digunakan di dalam minyak dan gas serta industri pengolahan.

 Coriolis Flow Meter

Coriolis Massa Flow Meters merupakan alat untuk mengukur massa cairan yang bergerak melalui tabung tertentu. Ini digunakan di di dalam mesin, dimana bahan bakar bakal bergerak melalui saluran bahan bakar dimana kuantitas minyak yang benar perlu dihitung dan setiap sistem lain dimana kuantitas persisnya substansi perlu di ketahui. Coriolis massa flow meter mengukur massa fluida, bukan volume.

 

Brand Flow Meter

Flow Meter atau kerap disebut Flow Sensor sebab fungsinya sebagai sensor suatu aliran atau fluidayang baik menangkap dan membaca kecepatan aliran, membaca ada aliran, dan beri tambahan data keseluruhan fluid yang mengalir beserta temperaturnyadan sebagainya membawa banyak sekali jenis, style sesuai dengan aplikasinya.

Begitupun Manufacture yang berkecimpung di dalam memproduksi flow meter tokico dimana membawa begitu banyak variasi harga. Setiap perusahaan Manufacture membawa keunggulan sendiri – sendiri dimana ada yang unggul untuk style Flow Meter elektromagntic tetapi agak lemah di style flow meter turbine. Ada juga yang unggul di Flow Meter Jenis Coriolis tetapi lemah dijenis rotameter.

Sedangkan ditataran harga berjalan perbedaan yang cukup fantastis. Untuk Merk Flow Meter yang berasal dari USA dan Eropa membawa tingkatan harga yang nyaris mirip dengan spesifikasi yang sebanding. Sedangkan untuk Merk dari jepang membawa harga yang tidak terpaut sangat jauh kecuali dibandingkan dengan yang berasal dari USA dan Eropa.

Untuk harga yang sangat minimalis mampu dipilih Brand Flow Meter yang berasal dari China dan India, dan diantara keduanya ada brand flow meter yang diproduksi oleh manufacture yang berasal dari Korea dan Taiwan.

Untuk lebih dari satu manufacture di dalam memproduksi flow meter kebanyakan tidak ada yang membawa stock, hal ini sebab beragamnya style flowmeter dan ukurannya serta aplikasinya, dengan style flowmeter dengan ukuran atau style yang mirip kebanyakan aplikasi dan manfaat dari flowmeter juga beragam ragam dari jadi yang bertipe remote atau local, bahan linner flow yang beragam ragam, body flow meter juga membawa bahan yang tahan corosive, food grade, waterproof, explotion proof, dan sebagainya.

Karena itu untuk style Flow Meter dengan ukuran besar kebanyakan manufacture bakal memproduksi sesuai pesanan (Costum) tergantung terhadap apilkasi di lapangan. Bahkan untuk style rotameter yang berukuran kecil, sekitar 1/2 – 2 inch juga perlu melalui pemesanan khususnya dahulu.

Namun demikianlah untuk brand-brand flow meter khusus dengan style standar flow meter kebanyakan ada stock, kebanyakan stock dari flow meter standar ini juga mengacu terhadap populasi yang beredar seperti Flow Meter Water / Air yang kecil yang seperti dipakai di pdam, flow meter gas dan solar yang dipakai di pengisian solar dan boiler biaanya oleh para oleh para penyedia flowmeter disajikan stock.

Berikut ini adalah Flow Meter yang banyak beredar di Indonesia sebagaiman diketahui oleh Penulis dengan brand yang berasal dari jepang pada lain, yaitu :

· Yamatake / Azbil
· Toshiba Flow Meter
· Tokyo Keiso
· Tofla
· Yokogawa
· Oval
· Tokico

 Fuel Meter

Pada kebanyakan Industri Manufacture atau yang lain pemanfaatan fuel flow meter atau yang kerap disebut solar flow meter sesuai dengan kebutuhan kapasitas pemanfaatan Dimana untuk penentuan style flow meter solar atau fuel flow meter sesuai dengan aplikasi mesin.

Flow Meter Solar ini banyak digunakan terhadap mesin boiler, diesel atau genset, thermo oil, burner atau yang lainnya. Jenis Flow Meter yang digunakan terdiri dari lebih dari satu style yaitu style turbine flow meter, oval flow meter, dan roots flow meter. Sedangkan pembacaan ada yang hanya totalizer
ada juga yang flow speed dan totalizer.

Sedangkan untuk style pembacaan ada yang berbentuk digital display dan ada juga yang digital display dan ada juga yang mechanical display atau kerap disebut dengan analog. Untu pemanfaatan di Indonesia Flow Meter Solar yang banyak dipakai di dunia Industri kebanyakan mereknya adalah Luck Meter, Tokico, Oval dan Fill Rite
Oil Flow Meter yang banyak digunakan adalah style PD flow meter atau Positif Displacement Flow Meter dengan manfaatkan rotor/gear/oval/roots dan ini banyak dipakai untu pengukuran flow solar, Bensin, Minyak Tanah, maupun oli.

Jenis Flow Positif Displacement Flow Meter ini mampu bekerja terhadap temperatur 120 derajat celcius, dan aplikasinya mampu digunakan untuk Diesel Oil, Kerosene, Fuel Oil, Light dengan akurasi yang agak longgar yaitu sekitar 0.5% dan untuk display flow meter solar digital mampu bekerja terhadap accuracy himgga 0.2% dengan karakter customs.

Sedangkan ukuran atau size fuel flow meter 1/2 inch sampai 10 inch, begitu juga persoalan bahan atau material untuk body ada yang dari steel ada juga yang dari stainless steel. Flow Meter solar di dalam instalasi ke pipa ada yang manfaatkan ulir dan manfaatkan flange yang mengacu terhadap JIS, ANSI DIM dan yang lainnya tergantung aplikasi standar yang digunakan.

Jadi kurang lebih untuk penentuan fuel flow meter yang perlu diberitakan adalah :

1. Working Pressure
2. Sistem Koneksi (Tread, Flange, atau yang lain) standar koneksi JIS, DIN, ANSI atau yang lainnya.
3. Size atau Diameter Pipa
4. Temperature Kerja
5. Jenis Display (Digital atau Mechanical/Analog)
6. Pembacaan Flow Meter atau hanya Totalizer
7. Menggunakan Reset atau Tidak
8. Perlu keluaran untuk data, control atau transmitter lainya.
9. Punya karakter Korosif atau tidak.

Gas Meter

Gas baik LPG maupun LNG sementara ini jadi sebuah kebutuhan pokok masyarakat rumah tangga maupun restoran dan hotel bersamaan dengan penggantian kebutuhan minyak tanah yang telah tidak disubsidi pemerintah.

Dalam keadaan sementara ini pemanfaatan gas dengan manfaatkan tabung sifatnya adalah insidential, sebab disamping untuk mencukupi kebutuhan program jangka pendek ternyata biaya maintenace dari tabung gas tidak kecil.

Karena itu dengan tidak dipasangnya jalan pipa gas yang bakal disalurkan untuk kebutuhan masyarakat khususnya didaerah padat seperti komplek perumahan, apartemen dan rumah susun.

Salah satu equipment yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan penyaluran gas selanjutnya adalah alat ukur pemanfaatan gas yang bakal dikonversikan kepada volume pemanfaatan gas bulanan sebagaimana PDAM dan PLN. Alat untuk mengukur kebutuhan gas ini disebut Gas Flow Meter atau Gas Meter

Level Sensor

Dalam pilih style level sensor yang perlu diperhatikan adalah ketinggian tangki fungsi pilih range dari batas sedikitnya (low level) dan batas maksimal (max level) dan sebagai acuan di dalam pilih style level sensor mampu di informasikan temperatur liquid yang diukur hal ini untuk pilih style bahan dari level sensor.

Selanjutnya perlu juga sebagai masukan penentuan style level sensor yaitu style dari cairan apakah berbentuk corosive (chemical) dan kepekatan dari cairan.

Selanjutnya kami perlu mengetahui sama target dari pemasangan level sensor ini apakah perlu beri tambahan control terhadap peralatan lain semacam switch untuk mematikan atau membangkitkan pompa, valve, atau alarm atau mungkin digunakan untuk mengirim data ke pc atau ke yang lainya.

Dan yang tidak kalah penting adalah posisi pemasangan dari level sensor terhadap tangki apakah dipasang dibagian atas tangki atau disamping seperti halnya sigh glass.

 

Liquid Level Sensor

Berikut adalah lebih dari satu Jenis Level sensor berdasarkan langkah kerjanya pada lain, yaitu :

1. Ultrasonic Level Sensor
2. Sondar Level Sensor
3. Magnetic Level Control
4. Sight Glass Level Meter
5. Powder Lever Meter
6. Float Type Level Switch
7. Electroda Type Level Switch
8. Magnetic Float Type Level Switch
9. Displacement Type Level Switch
10. Pneumatic Type Level Switch
11. Pressure Level Transmitter
12. Vibration Type Level Switch
13. Radio Frequency style level sensor
14. Capacitance Level Switch
15. Paddle Type Level Switch
16. Piston Type Level Switch
17. Electrode style drum level switch
18. Gear Type Level Transmitter
19. Tank Level Gauge
20. Air Purge Level Transmitter

 

Jenis Flow Meter

Flow Meter membawa banyak style dan berdasarkan langkah kerja style Flowmeter mampu dibagi di dalam lebih dari satu type, yaitu :

1. Differential Pressure
· Orifice Plate
· Venturi Tube
· Flow Tube
· Flow Nozzle
· Pitot Tube
· Elbow Tube
· Target
· Rotameter (Variabel – Area)

2. Positive Displacement
· Reciproacting Piston
· Oval Gear
· Nutating Disk
· Rotary Vane
· Velocity Flow Meter

3. Turbin Flow Meter

· Vortex Shading

· Swirl
· Conada Effect & Momentum Exchange
· Electromagnetic Flow Meter
· Ultrasonic, Doppler
· Ultrasonic, Transit Time

4. Mass Flow Meter· Coriolis
· Thermal

5. Open Channel Flow Meter· Weir
· Flume

toha