Pengertian, Fungsi & Sejarah Ms Office

Pengertian, Fungsi & Sejarah Ms Office

Microsoft Office merupakan produk raksasa Microsoft, yang merupakan produk (software) yang berisi paket aplikasi Office. Tentunya produk ini didesain untuk membuat tugas-tugas kantor seperti menulis laporan, membuat laporan keuangan, memberikan presentasi, dan masih banyak lagi yang lebih mudah.

Sebelum kita mendalami apa kegunaan dan fungsi Microsoft Office, Anda harus terlebih dahulu memahami sejarah dan evolusi Microsoft Office.

Sejarah dan perkembangan Microsoft Office

Pada November 1990 Microsoft Office 1.0 secara resmi dirilis oleh Microsoft. Awalnya, tiga aplikasi dikembangkan untuk Microsoft Windows, yaitu Microsoft Word 1.0, Microsoft Excel 2.0 dan Microsoft Power Point 2.0.

Kemudian pada 4 Maret 1991 Microsoft merilis Microsoft Office 1.5 yang meningkatkan kualitas aplikasi Excel. Jika Excel 2.0 digunakan di Microsoft Office 1.0, itu telah dimutakhirkan ke Excel 3.0 di Office 1.5. Pada versi terbaru ini terdapat tambahan toolbar yang memudahkan penggunaan.

Setelah beberapa bulan, Office 1.6 ditambahkan dengan perangkat lunak Mail 2.1. Pengembangan ini dilanjutkan dengan Microsoft Office 95, 97, 2000, 2003, 2007, 2010, 2013 hingga terciptanya aplikasi komputer terbaru yaitu Microsoft Office 2016.

Yuk baca juga cara membuat garis putus putus di word, disana juga disertai gambar garis putus putus, silahkan langsung praktek saja!.

Perkembangan pesat Microsoft Office ditandai dengan beberapa revisi untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi yang dikandungnya (perbaikan).

Selain itu, Microsoft Corporation telah menambahkan beberapa menu tambahan ke bilah alat aplikasinya untuk membuat semua grup lebih mudah digunakan. Ini karena komputer merupakan perangkat teknologi yang digunakan secara universal.

Fungsi Microsoft Office

Karena Microsoft Office dibuat untuk mempermudah pekerjaan kantor, aplikasi yang ada di dalamnya didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan proyek Office. Untuk informasi selengkapnya, lihat berbagai fitur aplikasi Microsoft Office ini.

Microsoft Word

Aplikasi ini paling sering digunakan oleh semua kantor. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolah kata, sehingga dapat digunakan untuk membuat surat, tabel, laporan, dll.

Microsoft Excel

Selain aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah angka juga merupakan aplikasi yang banyak digunakan di perkantoran. Aplikasi Excel ini tentunya akan memudahkan perusahaan dalam mengolah angka pada saat pembuatan laporan keuangan. Sehubungan dengan rumus yang ditawarkan untuk memudahkan pemrosesan angka.

Microsoft Powerpoint

Kami sering menggunakan PowerPoint dalam rapat untuk mempresentasikan slide presentasi kami. Selain tampilan slide presentasi kita yang ditargetkan, fungsi animasi yang ditawarkan tentunya akan membuat presentasi kita semakin menarik.

Microsoft Access

Microsoft Access adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat, mengelola, atau memproses database. Karenanya, aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat lembar absensi, brosur, spreadsheet, dll.

Microsoft Outlook

Aplikasi Microsoft Outlook ini memiliki fungsi yang berguna untuk membaca dan mengirim surat melalui email. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan kotak surat, akses kalender dan jadwal umum.

Microsoft Visio

Aplikasi ini memudahkan pembuatan diagram, diagram alir, diagram jaringan, dan curah pendapat.

Microsoft Publisher

Dari namanya diketahui bahwa aplikasi ini digunakan untuk kegiatan penerbitan. Hasil dari aplikasi ini bisa berupa koran, brosur, kalender, katalog, poster dan lain-lain.

Ini adalah gambaran umum Microsoft Office di atas, dimulai dengan definisi, fungsi, dan diakhiri dengan sejarah dan evolusi Microsoft Office dari versi pertama hingga saat ini. Semoga ulasan diatas dapat menjadi esensial dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Muchammat Kristanto