Pengertian Merger dan Akuisisi Jenis-Jenis Merger serta Alasan dan Analisis Merger dan Akuisisi

Pengertian Merger dan Akuisisi Jenis-Jenis Merger serta Alasan dan Analisis Merger dan Akuisisi

PENGERTIAN MERGER DAN AKUISISI

Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu, dan perubahan yang memerger, mengambil atau membeli semua asset dan liabilities perusahaan yang dimerger sehingga perusahaan yang memerger memiliki minimal 50% saham, sedangkan perusahaan yang dimerger berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru.

Merger merupakan penyerapan dari suatu perusahaan oleh perusahaan yang lain. Dalam hal ini, perusahaan yang membeli akan melanjutkan nama dan identitasnya. Perusahaan pembeli akan mengambil asset ataupun kewajiban perusahaan yang dibeli. Setelah merger, perusahaan yang dibeli akan kehilangan atau berhenti beroperasi. Adapun akuisisi adalah pengambilalihan (takeover) sebuah perusahaan dengan membeli saham atau asset perusahaan tersebut, perusahaan yang dibeli tetap ada.

Kunjungi Juga Spesifikasiproduk.com untuk mengetahui Review Produk-produk Terlaris di Pasaran Indonesia saat ini, agar tidak ketinggalan untuk mendapatkan diskon harga besar-besaran untuk setiap produk yang ditawarkan. Serta Bisnis dan berita Viral terbaru.

JENIS-JENIS MERGER DAN AKUISISI

Perusahaan dapat diakuisisi perusahaan lain dengan beberapa cara berikut:

1. Merger

Pada merger, para direktur kedua belah pihak setuju untuk bergabung dengan persetujuan para pemegang saham. Pada umumnya, penggabungan ini disetujui oleh minimal 50% shareholder dari target firm dan bidding firm. Pada akhirnya, target firm akan menghilang (dengan atau tanpa proses likuidasi) dan menjadi bagian dari bidding firm.

2. Konsolidasi

Setelah proses merger selesai, sebuah perusahaan baru tercipta dan pemegang saham   kedua belah pihak menerima saham baru di perusahaan ini.

3. Tender Offer

Terjadi ketika sebuah perusahaan membeli saham yang beredar di perusahaan lain tanpa    persetujuan manajemen target firm, dan disebut tender offer karena merupakan hostile take over.

4. Acquisition of Assets

Sebuah perusahaan membeli aset perusahaan lain melalui persetujuan pemegang saham   target firm.

 

ALASAN MERGER DAN AKUISISI

  • Beberapa alasan perusahaan melakukan penggabungan, baik melaui merger maupun akuisis, yaitu sebagai berikut:
  • Pertumbuhan atau diversifikasi
  • Sinergi
  • Meningkatkan dana
  • Menambah keterampilan manajemen atau teknologi
  • Pertimbangan pajak
  • Meningkatkan likuiditas pemilik
  • Melindungi diri dari pengambilalihan.

ANALISIS MERGER DAN AKUISISI

1. Kelebihan dan kekurangan merger

Kelebihan merger; pengambilalihan melalui merger lebih sederhana dan lebih murah di bandingkan dengan pengambilalihan yang lain.

Kekurangan merger; harus ada persetujuan dari pemegang saham tiap-tiap perusahaan, sedangkan untuk mendapatkan persetujuan tersebut diperlukan waktu lama.

2. Kelebihan dan kekurangan akuisisi

Kelebihan akuisisi saham dan akuisisi aset;

  • Akuisisi saham tidak memerlukan rapat pemegang saham dan suara pemegang saham.
  • Dalam akuisisi saham perusahaan yang membeli dapat berurusan langsung dengan pemegang saham perusahaan yang dibeli dengan melakukan tender offer sehingga tidak diperlukan persetujuan manajemen perusahaan.
  • Akuisisi aset memerlukan suara pemegang saham, tetapi tidak memerlukan mayoritas     suara pemegang saham, seperti pada akuisisi saham sehingga tidak ada halangan bagi pemegang saham minoritas jika mereka tidak menyetujui akuisisi.
  • Kerugian akuisisi saham dan akuisisi aset;
  • Jika cukup banyak pemegang saham minoritas yang tidak menyetujui pengambilalihan tersebut, akuisisi akan batal. Pada umumnya anggaran dasar perusahaan menentukan minimal dua per tiga (sekitar 67%) suara setuju pada akuisisi agar akuisisi terjadi.
  • Apabila perusahaan mengambil alih seluruh saham yang dibeli, akan terjadi merger.
  • Pada dasarnya pembelian setiap aset dalam akuisisi aset harus secara hukum dibalik nama sehingga menimbulkan biaya legal yang tinggi.

 

cikostofficial