Pengertian & Sejarah Website

Pengertian & Sejarah Website

Situs web adalah halaman atau kumpulan halaman dari suatu domain di Internet yang dibuat untuk tujuan tertentu. Website tersebut memuat iklan berupa teks, gambar, animasi, audio, video, atau gabungan keduanya.

Dalam pengertian lain, situs web adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan berisi informasi terkait data. Sebuah situs web terdiri dari halaman dan serangkaian halaman yang dikenal sebagai halaman rumah.

Situs web ini telah dirancang untuk dapat diakses oleh masyarakat umum melalui aplikasi browser menggunakan Uniform Resource Locator (URL). Contoh URL yang paling umum adalah http://www.google.com. Biasanya terdapat berbagai jenis informasi pada suatu halaman web baik berupa teks, video, gambar, suara, dan lain-lain.

Semua data disimpan di server hosting. Situs web dapat dimiliki oleh individu atau organisasi. Bentuk informasi yang disajikan juga tergantung dari tujuan pembuatan website.

Sejarah situs web

Situs web pertama di dunia lahir pada tahun 1991 pada tanggal 6 Agustus oleh Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ahli komputer dari Inggris yang bekerja di laboratorium fisika Swiss. Website ini awalnya dibuat untuk memfasilitasi pertukaran informasi bagi peneliti.

Siapa yang mengira bahwa kejadian sederhana ini akan menjadi lompatan besar dalam seluruh sistem komunikasi manusia?

Tonggak sejarah dalam pembukaan website tersebut adalah dibuatnya website bernama Mosaic oleh NCSA pada tahun 1993. Setelah itu, CERN membantu membuat software web secara gratis sebagai laboratorium tempat Tim Berners-Lee bekerja.

Seiring waktu, situs web berkembang karena sifatnya yang open source. Pada akhir tahun 1993 ada lebih dari lima ratus situs web.

Sebagai perbandingan: pada akhir 2018 terdapat 1,94 miliar website di seluruh dunia dengan 41 miliar pengguna internet terdaftar.

Fungsi situs web

Situs web dibuat karena berbagai alasan. Alasan utama dan mengapa situs web dibuat untuk pertama kalinya dalam sejarah adalah untuk berbagi informasi.

Manfaat situs web juga lazim akhir-akhir ini dan bukan hanya tempat untuk berbagi informasi. Website telah menjadi sarana komunikasi penting melalui media sosial.

Media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan manusia dimana definisi interaksi tidak hanya sekedar tatap muka. Media sosial secara fundamental telah merevisi definisi interaksi sosial.

Media sosial juga berperan sebagai personal branding. LinkedIn adalah salah satu contoh media sosial di bidang ini. Segala sesuatu mulai dari buku kerja hingga grafik dapat dibagikan di media sosial.

Website juga merupakan sarana hiburan dan pendidikan yang murah. Contoh sederhananya adalah media YouTube, yang sedang naik daun di Indonesia.

Website sangat bermanfaat bagi para pengusaha dan pebisnis sebagai media untuk mempromosikan produknya. Dengan adanya website, informasi mengenai barang atau jasa dapat dengan mudah disebarluaskan tanpa biaya tinggi.

Selain iklan, website juga bisa menjadi sarana menghasilkan uang. Di situs web pribadi dan media sosial, Anda dapat mencantumkannya di bagian Google Adsense untuk menghubungkannya.

Konsep kerjanya cukup sederhana: Anda mendapat komisi ketika pengunjung membeli barang melalui iklan Google di website Anda.

Jenis situs web

Di bawah ini adalah jenis situs web yang paling sering ditemukan.

1. Situs web statis

Jenis situs web ini memiliki tampilan yang konstan dan tidak berubah. Jika pemilik situs web ingin mengubah tampilan dan nuansanya, kode situs web harus diedit secara manual.

Contoh situs web yang termasuk dalam jenis grup ini adalah Google. Biasanya, situs web statis dimiliki oleh perusahaan yang menampilkan informasi seperti profil perusahaan di halaman beranda.

2. Situs web dinamis

Jenis situs web ini adalah halaman web yang terus-menerus menunjukkan perubahan berdasarkan konten yang diunggah. Biasanya situs web dinamis memiliki tampilan, kotak komentar, dan obrolan langsung yang hebat. Beberapa contoh situs web dinamis adalah blog, situs belanja online, dan situs berita.

3. Situs web interaktif

Situs web ini adalah jenis halaman web yang dirancang untuk interaksi antara penggunanya. Contoh website jenis ini adalah media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Jika ingin mengenai hosting apa saja yang bagus server Indonesia, bisa lihat review hosting indonesia pada tautan tersebut, dengan source detailnya: https://www.olawebdesign.com/hosting-terbaik-di-indonesia.

Muchammat Kristanto