Perawatan Burung Murai Agar Gacor

Perawatan Burung Murai Agar Gacor

Untuk menjadikan murai kamu menjadi jagoan yang tidak tertandingi pada setiap kompetisi pertandingan, ada kiat-kiat khusus yang sebaiknya dilakukan, agar hasilnya menjadi maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Perawatan ini tergolong tidak mudah, karena dibutuhkan suatu ketekunan dan membutuhkan waktu yang sangat banyak untuk melakukannya.

  • Lakukan Perawatan Kesehatan Dengan seksama

Menjaga kesehatan murai batu merupakan faktor penting yang harus diperhatikan, agar kondisi stamina burung kamu dapat selalu terjaga.

Pola makan harus selalu dijaga agar takaran yang diberikan tidak berlebihan atau kekurangan. Hal ini sangat penting, mengingat fisik burung yang terlalu gemuk ataupun terlalu kurus akan berpengaruh terhadap ketangguhan saat bertanding.

Pastikan murai selalu mendapatkan asupan air bersih yang cukup setiap saat. Lakukan pengontrolan di sangkarnya agar air minumnya selalu terisi dan tidak terkontaminasi bahan berbahaya.

  • Berikan Jenis Makanan Yang Tepat

Agar murai selalu dalam kondisi sehat dan prima, pastikan kamu memberikan jenis makanan yang benar dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Hindari memberikan makanan yang seadanya tanpa memberikan manfaat apapun bagi kesehatan burung.

Jenis-jenis makanan yang disarankan untuk murai adalah 5 ekor jangkrik yang dapat dikombinasikan dengan beberapa serangga lain seperti kroto, dan jenis serangga kecil lainnya.

Makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi akan membantu kondisi burung selalu dalam keadaan yang fit dan sehat.

  • Lakukan Penjemuran Burung Secara Berkala

Melakukan aktifitas penjemuran burung secara berkala sangat disarankan, untuk menjaga agar tetap merasa berada di habitatnya. Selain itu membuat kondisi burung tetap stabil dan selalu dalam kondisi tenang.

Saran lainnya dari https://duniakicau.net/ pada saat melakukan penjemuran, usahakan tidak ada murai lainnya di area tersebut. Hal tersebut untuk menghindari tersulutnya emosi dari burung tersebut, sehingga perilakunya akan menjadi gelisah.

Penjemuran sebaiknya dilakukan pada antara jam 7-10 pagi, dan maksimal cukup dua jam saat setiap kali penjemuran dilakukan.

  • Tempatkan Murai Pada Lokasi Yang Nyaman

Dengan menempatkan lokasi sangkarnya pada lokasi yang nyaman dan tenang akan membuat suara batu gacor dengan sangat mudahnya karena kondisinya akan selalu tenang dan jauh dari stres.

Selain itu sebaiknya kondisi sangkar dibuat seperti habitat aslinya, dengan cara menambahkan beberapa ranting pohon di dalam sangkarnya. Atau dapat juga menggantung sangkar dekat dengan pepohonan yang rimbun dan berdaunan hijau.

Usahakan membuat habitatnya semirip mungkin dengan alam liar yang bebas dan jauh dari kebisingan.

supriatna