Pengalaman Bermain Permainan Bola Bekel

Pengalaman Bermain Permainan Bola Bekel

Permainan bola bekel yang hampir terlupakan

Pada saat masih kecil, saya suka sekali bermain bola bekel. Apalagi pada saat memasuki bulan puasa, bermain bola bekel membuat saya lupa dengan waktu. Namun sayang nya seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya teknologi, permainan ini mulai dilupakan. Bahkan anak-anak zaman sekarang mungkin banyak yang tidak tahu apa itu permainan bola bekel.

Diketahui sebelumnya bola bekel adalah permainan yang dulunya dikenal dengan nama Bikkelen di Belanda. Memiliki istilah yang mirip diduga permainan bola bekel di adaptasi dari permainan asal negara ini. Di Indonesia sendiri permainan ini dimainkan dengan memakai bola bekel yang berbahan karet warna warni memiliki diameter lebih kurang 3 cm. Sementara itu biji yang dipakai beragam, mulai dari biji kuningan, batu kerikil kecil dan terkadang cangkang kerang. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 4 orang saling bergantian.

Giliran permainan pertama kali ditentukan dengan cara gambreng atau gamsit. Pemain yang menang akan memulai terlebih dahulu. Permainan ini sangat mudah untuk dijajal. Pertama, genggam bola dan seluruh bijinya dengan hanya menggunakan satu genggaman. Setelah itu, lambungkan bola dan di saat yang bersamaan sebar bijinya.

Kemudian tangkap Kembali bola dengan ketentuan bola hanya boleh melantun sekali saja. Kedua, setelah biji disebar pemain megambil biji satu persatu dengan aturan jari tidak menyenggol biji bekel lainnya. Level dalam permainan ini ditentukan dengan berapa banyak biji yang diambil dalam sekali latunan bola. Dimulai dari satu biji sampai dengan semua biji sekaligus. Jika pemain melakukan kesalahan seperti menyenggol biji bekel atau tidak berhasil menangkap biji dalam sekali lantunan bola, maka permainan dilanjutkan oleh pemain lainnya dan begitu seterusnya.

Walaupun terkesan sederhana, permainan bola bekel membutuhkan konsentrasi dan kemampuan dalam mengontrol jari-jari dan tangan. Selain itu pemain juga harus bisa mempertahankan posisi tubuh agar bisa bermain dengan baik. Dalam situasi pandemi seperti saat sekarang ini dimana kebanyakan waktu yang kita habiskan adalah dengan berada di rumah, permainan bola bekel ini bisa menjadi salah satu cara untuk terhindar dari rasa suntuk atau mengobati lelah setelah berjam-jam terpaku di depan gadget.

 

coretcoret