Pertunjukkan Gamelan di Jogja yang Gratis

Pertunjukkan Gamelan di Jogja yang Gratis

Jogja, tidak hanya memanjakan waktu liburan Anda dengan menyuguhkan berbagai macam tempat wisata yang lagi hits akhir-akhir ini. Selain Anda bisa berburu foto instagramable. Anda juga perlu berburu edukasi, seni dan budaya selama liburan di Jogja. Ada pertunjukkan gamelan yag seirng digelar di keraton.

Mumpung di Jogja lho, Anda harus memanfaatkan tempat istimewa ini dengan baik. Kenapa? Karena banyak hal yang bisa Anda ambil, Anda gali dan Anda pelajari. Tak hanya memukau dari segi tempat liburan, tapi juga dari segi kota dan budayanya.

Nah, jika Anda tertarik menyisipkan wisata budaya ke dalam list liburan Anda selama di Jogja. Anda bisa menyisipkan pertunjukan gamelan ke dalam daftar liburan Anda. Jangan salah, banyak lho wisatawan asing yang sering mampir ke Kraton hanya untuk menyaksikan pertunjukan gamelan. Anda sebagai wisatawan dalam negri jangan mau kalah ya.

Untuk menjangkaunya, bisa dengan sewa mobil Jogja yang pastinya akan memudahkan perjalanan Anda menuju ke keraton.

Selain Bisa Menikmati Suasana Kraton Yogyakarta, Anda Bisa Menyaksikan Pertunjukan Gamelan Juga

Masuk ke Kraton Yogyakarta, Anda akan bisa belajar banyak hal dari berbagai barang-barang peninggalan yang ada di sana. Suasananya yang adem dan damai sangat menandakan ciri khas Kraton Yogyakarta.

Di sana, Anda juga bisa bertemu banyak abdi dalem yang semakin menambah nuansa Jogja yang damai. Anda bisa menyapa dan mengajak berbincang jika berkenan. Banyak hal yang bisa Anda temui dan pelajari selama menyusuri Kraton Yogyakarta. Anda jadi bisa lebih mengenal sejarah.

Tapi, selain bisa menikmati suasana dan kehidupan Kraton, Anda juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan budaya yang sering digelar di pendopo Kraton. Salah satunya adalah pertunjukan gamelan. Di sana Anda bisa menyaksikan langsung para penabuh gamelan yang sangat menganggumkan.

Gamelan adalah alat musik Jawa yang sudah dikenal di semua kalangan termasuk wisatawan mancanegara. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang selalu nampak terlihat saat ada pertunjukan gamelan ini di Kraton Jogja.

Bahkan karena sudah terkenal sampai ke luar negri, sudah banyak lho acara yang membawa nama gamelan dan dikolaborasikan dengan musik lain. Seperti yang baru-baru ini ada yang namanya pertunjukkan gamelan-jazz. Anda bisa membayangkan betapa serunya, bukan?

Kapan Bisa Melihat Pertunjukkan Gamelan di Kraton Jogja?

Sebelum beregegas, cari tahu dulu jadwal pertunjukkan gamelannya. Jangan sampai karena malas membaca dan mencari tahu, Anda jadi tidak bisa menyaksikkan live gamelan. Jadi, Anda juga harus mencari tahu kira-kira kapan pertunjukkan gamelan ini bisa Anda saksikan.

Tak ada salahnya, liburan ke Jogja kali ini sedikit berbeda, karena menyisipkan wisata budaya ke dalam list perjalanan wisata Anda. Hal ini juga bisa membuat rasa penasaran Anda terjawab, karena Anda akan mendengarkan langsung pertunjukkan gamelan yang bisa menggetarkan hati.

Jadwal Pertunjukkan Gamelan di Kraton Yogyakarta:

Nah, Anda harus membaca ulasan jadwal berikut supaya tidak kecewa ya. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan keberangkatan liburan Anda saat ke Jogja.

Intip jadwalnya yuk:

  • Gamelan pengiring tari klasik : Setiap hari Minggu, 10.00-12.00 WIB
  • Gamelan pengiring karawitan : Setiap hari Senin, Selasa, Kamis, 10.00-12.00 WIB
  • Gamelan pengiring wayang golek menak : Setiap hari Rabu, 10.00-12.00 WIB
  • Gamelan pengiring seni maca pat : Setiap hari Kamis, 09.00-11.00 WIB
  • Gamelan pengiring wayang kulit : Setiap hari Sabtu, 10.30-11.00 WIB

Dengan jadwal di atas Anda bisa menyesuaikan dengan hari liburan Anda. Jika memang Anda ingin menyaksikan gamelan pada tari klasik, Anda bisa datang pada hari Minggu. Sebenarnya setiap hari ada pertunjukkan gamelan, hanya saja jenisnya saja yang berbeda. Anda tinggil pilih mau datang hari apa.

Dan, jangan lupa untuk bangun pagi, kalau bangun siang, nanti Anda telat menyaksikan. Anda bisa menyiasatinya dengan mencari tempat penginapan murah di sekitar Malioboro Jogja atau Anda bisa menggunakan paket wisata Jogja untuk kenyamanan perjalanan wisata Anda.

Harga Tiket Masuk Pertunjukan Gamelan Gratis

pertunjukkan gamelan
sumber: batamtoday.com

Untuk melihat pertunjukkan gamelan ini, Anda tidak akan dipungut biaya. Anda bisa bebas menyaksikan pertunjukkan gamelan dan duduk di sekitar pendopo. Anda bisa mengabadikan momen itu dengan baik dan sesuai dengan tata krama.

Namun, untuk bisa menyaksikan pertunjukan gamelan ini Anda harus masuk dulu ke area Kraton. Itu berarti Anda harus membayar tiket masuk Kraton Jogja. Tenang saja, harga tiket cukup murah dan terjangkau.

Anda hanya perlu membayar sebesar 7.500 rupiah saja untuk bisa masuk ke dalam area Kraton. Kalau Anda adalah wisatawan asing, Anda akan dikenakan biaya sebesar 15.000 rupiah. Murah. Tentu dengan harga semurah itu, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman menarik dan belajar sejarah di lingkup Kraton.

Liburan ke Jogja jadi makin teredukasi kan? Apalagi, kalau Anda sengaja datang dengan anak-anak, jadi bisa ikut mengenalkan langsung tentang kebudayaan Jawa dan sejarah. Anda juga bisa sekaligus mengenalkan tentang gamelan yang kebanyakan anak-anak jaman sekarang sudah jarang mendengarkan lantunannya.

Kalau sudah mantap mau menonton pertunjukkan gamelan saat liburan di Jogja nanti, yuk langsung hubungi kami ya. Anda bisa pilih paket wisata Jogja terbaik dan bisa custom juga. Pilih paket suka-suka hanya bersama kami. Bisa juga dengan sewa mobil Jogja lepas kunci yang terjangkau. Lebih hemat, lebih berkualitas.

skyweb