Thu. Jun 30th, 2022

Salah satu masalah yang muncul berkaitan dengan pinjaman online, yakni penagihan. Pinjaman online resmi tidak akan bertindak menyalahi aturan yang ditetapkan OJK. Debt Collector atau DC akan menjadi pihak yang melakukan penagihan.

Penagihan Pinjaman Online Resmi

Jika Anda mengalami tunggakan pinjaman online resmi, maka sudah tidak asing lagi menerima panggilan atau SMS. Banyak orang yang masih merasa takut akan sistem penagihan Pinjaman online. Namun, ketika Anda memiliki tunggakan pada platform pinjaman online terdaftar di OjK, hal tersebut tidak akan terjadi.

Setiap perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar akan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu peraturan yang harus ditaati oleh perusahaan pinjaman online adalah menjalankan tata cara penagihan berdasarkan hukum yang berlaku.

Bagi perusahaan pinjaman online yang melanggar ketentuan ini akan mendapatkan sanksi tegas. Sanksi tegas tersebut bisa berujung kepada penutupan kegiatan operasional perusahaan.

Etika Penagihan Pinjol Sesuai Aturan OJK

Berikut ini, beberapa cara penagihan yang harus dilakukan oleh perusahaan pinjaman online, yaitu:

Larangan Menggunakan Ancaman

Setiap kegiatan penagihan dilarang keras menggunakan ancaman maupun tindakan kekerasan. Jika Anda menemui hal ini, bisa mengingatkannya. Selain itu, Anda bisa juga melaporkannya ke situs resmi OJK.

Namun, jika Anda memilih Pinjol ilegal, terkadang justru ancaman kekerasan ini kerap terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya memilih pinjaman online yang sudah memiliki izin.

Tanpa Ancaman Kekerasan Fisik

Terkadang pihak penagihan menggunakan kekerasan fisik maupun verbal. Jika hal ini terjadi kepada Anda, laporkan tindak kekerasan yang terjadi.

Larangan Penyebaran Data

Selanjutnya, larangan penyebaran informasi pribadi nasabah oleh perusahaan pinjaman online. Hal ini berkaitan dengan keamanan diri atasĀ  penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Perusahaan pinjaman online yang berizin tidak akan melakukan hal ini. Namun, ketika Anda mengalaminya langsung bisa menghubungi pihak OJK dan melaporkannya. Jangan memilih pinjaman online yang ilegal karena tingkat keamanannya diragukan.

Menjadi nasabah dari pinjaman online resmi akan menguntungkan. Baik dari sisi perlindungan keamanan diri maupun data pribadi. Anda juga akan terhindar dari ancaman kekerasan saat penagihan.

By skyweb