Review Xiaomi Redmi 9

Review Xiaomi Redmi 9

Pada pertengahan tahun 2020, Xiaomi merilis lini ponsel budget terbarunya, yakni Redmi 9. Ponsel yang satu ini di atas kertas membawa kemajuan, terutama dari segi kamera dan performa.

Dari semua pembaruan Redmi 9, yang paling saya suka adalah desainnya. Xiaomi kini menggunakan gaya desain baru untuk ponsel Redmi 9-nya yang terlihat di bagian belakang ponsel.

Bagian belakang Redmi 6 terbuat dari bahan plastik yang kokoh saat disentuh dan memiliki struktur gelombang air sehingga tidak licin untuk dipegang dan terlihat menarik. Selain itu varian warna Ocean Green menambah keindahan ponsel Redmi 9 ini.

Struktur gelombang air ini berpusat pada area kamera, yang terlihat seperti lingkaran besar di sekeliling kamera. Tekstur beriak air ini tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga membersihkan sidik jari ponsel.

Sayangnya ponsel ini menggunakan casing yang menutupi tampilan aslinya. Jika Anda membutuhkan kasing, lebih baik gunakan model kasing bening, yang untungnya disediakan Xiaomi di boks penjualan Redmi 9.

Sangat menyegarkan melihat Xiaomi mengubah model desain ponselnya di Redmi 9 ini. Untuk ponsel budget, desain Redmi 9 terlihat dan terasa seperti ponsel yang lebih mahal.

Ponselnya sendiri berukuran besar dan terasa agak berat, kemungkinan karena baterai berkapasitas besar yang tertanam di dalamnya. Untungnya, saya tidak mengalami masalah besar dengan operasi satu tangan selama penggunaan.

Redmi 9 tetap memiliki ciri khas ponsel Xiaomi yaitu IR blaster di bagian atas ponsel. Dan sementara tren menghilangkan jack headphone tampaknya semakin kuat dan kuat, Redmi 9 tetap menawarkannya. Slot model 3 digunakan untuk slot kartu SIM, 2 untuk kartu SIM, dan 1 untuk kartu microSD.

Layar Redmi 9 berukuran 6,53 inci dengan poni kecil berbentuk tetesan air. Layarnya menggunakan teknologi IPS-LCD, mendukung resolusi FHD + (2340 x 1080 piksel) dan juga menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

Perlu dicatat bahwa Xiaomi memasang pelindung layar plastik yang terpasang di layar Redmi 9. Sayangnya, pelindung layar biasanya tertutup oleh sidik jari. Menurut saya, lebih baik dibuang begitu saja.

Karena layarnya sendiri kurang terang dan ini bisa dirasakan saat ponsel digunakan di bawah terik matahari. Pada siang hari, saya sering kesulitan menampilkan konten di layar ponsel, yang cukup mengganggu aktivitas saya di luar ruangan.

Dibandingkan ponsel lama Redmi 7A, dibandingkan dengan Redmi 9, hasilnya bahkan lebih cerah dari layar Redmi 7A. Layar tidak memiliki sudut pandang yang baik, sehingga layar akan menjadi gelap dari sudut yang agak miring.

Dari segi performa, Redmi 9 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Ini berkat penggunaan chipset MediaTek Helio G80 yang dipadukan dengan RAM 4 GB.

Saat pengujian dengan aplikasi tes AnTuTu, Redmi 9 mendapatkan skor 201.546 poin. Di aplikasi seluler Geekbench, 365 beralih ke inti tunggal dan 1.278 ke multi inti.

Selama digunakan untuk aktivitas saya sehari-hari, tidak ada keluhan yang besar tentang performa ponsel. Membuka aplikasi berbeda dan mengganti aplikasi terasa cepat.

Ini digunakan untuk memainkan berbagai game populer, meskipun beberapa game seperti Call of Duty: Mobile, AOV, dan PUBG Mobile tidak dapat menggunakan pengaturan grafis tinggi.

Dengan speaker Redmi 9, keluaran suaranya cukup bagus untuk kisaran harga. Meski terdapat lubang speaker di bagian atas ponsel, namun ponsel ini hanya dapat menghasilkan suara mono melalui speaker di bawah ponsel.

Performa Redmi 9 yang tergolong cepat dipadukan dengan daya tahan baterai yang memuaskan. Baterainya berkapasitas besar 5020 mAh dan bisa digunakan seharian tanpa harus diisi ulang.

Saya dapat menggunakan Screen on Time dari baterai 100% hingga 10% selama 7 jam 59 menit ketika saya menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari seperti membaca buku digital, bermain game, dan menjelajahi internet.

Saat menguji baterai dengan aplikasi PCMark dengan kecerahan layar 50% baterai penuh, ponsel mendapat skor 12 jam 16 menit.

Baterai Redmi 9 sudah menggunakan USB-C untuk charging dan mendukung fast charging 18W. Sayangnya, charger Redmi 9 bawaan hanya mendukung pengisian daya pada 10W.

Dapatkan info seputar gbwhatsapp & kinemaster pro secara detail pada tautan tersebut.

Muchammat Kristanto