Rukun Menjalankan Aqiqah dan Tata Teknik aqiqah, Simak Pembahasannya!

Untuk keluarga yang mau menjalankan aqiqah untuk pertamanya perlu mengetahui pastilah tata teknik implementasinya.

  • Rukun aqiqah terkait kapan dijalankannya aqiqah.
  • Rukun aqiqah terkait kapan rambut bayi itu dicukur.
  • Rukun aqiqah terkait yang penting dijalankan kepada rambut cukuran bayi itu.

Untuk keterangan sesudah itu terkait ke-3  soal di atas, karenanya jam yang terunggul dijalankan aqiqah pada hari ke-7  sehabis bayi lahir yang bertepatan dengan juga dicukurnya rambut sang bayi. Hal semacam itu menurut hadist yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari dari kawan dekat Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu.

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Tiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuk dirinya dalam hari ke tujuh, dicukur dan dinamakan” [HR Abu Dawud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Ibnu Majah no. 3165 dan sebagainya.
Hadits tertera di atas dishahihkan oleh al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi, Syaikh al-Albani dan Syaikh Abu Ishaq al-Huwaini dalam kitab al-Insyirah Fi Adabin Nikah hlm. 97]
Lantas terkait rambut bayi yang dicukur waktu realisasi aqiqah, cukuran bayi itu ditimbang yang lantas disedekahkan menurut perhitungan harga perak seberat timbangan dari rambut itu. Ingat ya, perak bukan emas (menurut ulama ini yang semakin kuat). sejumlah ulama pula menilainya kalau seluruh hadis yang menyarankan sedekah dengan perak, seberat rambut bayi merupakan dhaif.

tata teknik aqiqah
Gambar perumpamaan tata teknik aqiqah – pemangkasan rambut bayi
Satu diantaranya hadis yang mejadi panutan dalam sedekah dengan harga perak ini merupakan hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, kalau Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Hasan dengan kambing, dan beliau memerintah Fatimah,

عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن بشاة، وقال: يا فاطمة احلقي رأسه وتصدقي بزنة شعره فضة

‘Cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu.’
Fatimah lantas mengangsung rambut itu, dan nyatanya beratnya lebih kurang satu dirham ataupun kurang dari 1 dirham. (HR. Turmudzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).

Beberapa rukun aqiqah yang pula sebagai kriteria dari realisasi harus dimengerti, agar dalam implementasinya serius sama dengan syariat Islam. Dengan rukun yang betul, karenanya maksud yang mau dijangkau dalam beroleh pahala dari Allah bisa dijalankan dengan menjalankan beribadah yang berdasarkan asas hadis Nabi.
Di Islam, realisasi aqiqah ini punyai hukum adalah sunnah mu’akkadah, ialah beribadah yang paling direkomendasi dan pahalanya dekati pahala beribadah penting. Untuk orang yang memikul nafkah hidup si anak penting sangatlah direkomendasikan untuk menjalankan aqiqah dalam hari ke-7 . Tapi, kalau tidak bisa melaksankannya tidak ada dosa buatnya.

Untuk anak laki laki disunahkan untuk menyembelih dua ekor kambing dan untuk anak wanita disunahkan untuk menyembelih satu ekor kambing. Terkait rukun aqiqah jadi dasar yang shahih, mestinya sama dengan waktu, hewan aqiqah penuhi kriteria resmi dan tata teknik implementasinya sesuai sama bimbingan Nabi. Beribadah yang bagus dan ibadah ibadahnya diterima Allah merupakan mesti sama dengan tuntunan Islam (bimbingan Nabi). JIka tidak berdasarkan bimbingan Nabi, karenanya beribadah itu tertolak. Naudzubullahi mindzalik.

realisasi aqiqah
Dalam menjalankan beribadah selalu sertai dengan kemauan tulus untuk ingin ridhlo Allah. Tidak kecuali dengan jalankan beribadah aqiqah, yang pertama dijalankan merupakan kemauan. Sehabis kemauan telah dijalankan karenanya turuti tata teknik nabi dalam menjalankan beribadah itu.

Asas Hukum Realisasi Aqiqah
Tersebut merupakan beberapa hadist sebagai asas atau dasar dari realisasi beribadah aqiqah.
Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy
Dijelaskan kalau Rasulullah bersabda, “Aqiqah dijalankan lantaran tersedianya kelahiran bayi, karenanya sembelihlah hewan dan lenyapkanlah seluruh masalah darinya.”
Samurah bin Jundab
Dijelaskan kalau Rasulullah bersabda, “Seluruh anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya pada hari ke-7 nya disembelih hewan, dinamakan, dan dicukur rambutnya.”
Aisyah

Dijelaskan oleh Aisyah, Rasulullah bersabda, “Bayi laki laki diaqiqahi dengan 2 kambing yang serupa dan bayi wanita satu kambing.”Begitu keterangan terkait rukun aqiqah yang harus dimengerti untuk keluarga Muslim yang punyai anak, terlebih pasangan yang baru menikah.

Kami menganjurkan anda untuk mendalami tata teknik realisasi aqiqah yang sama dengan tuntunan Islam namun juga sama dengan bimbingan Nabi Muhammad SAW. Tiap ibada mesti ditopang oleh asas dan hadits-hadits yang shahih. Dengan punyai pemahaman dan pengetahuan yang cukup perihal agama termaksud rukun aqiqah karenanya tiap muslim dapat sangat percaya dalam jalankan beribadah. Satu kali lagi anda yang baru memiliki rencana buat mengerjakan aqiqah sesuai sama syariat Islam, mengenai rukun aqiqah dan tata teknik aqiqah. Mudah-mudahan berguna.

Dalam artikel ini kami coba uraiakan rukun dan tata teknik aqiqah yang sesuai sama syariat Islam. silahkan kunjungi jasa aqiqah Jakarta

nasya