Sejarah Kota Makassar Singkat yang Unik dan Menarik 

Makassar merupakan kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, dan merupakan kota besar dengan sejarah yang panjang. Karena memiliki sejarah yang unik maka di sini akan dibahas tentang sejarah kota Makassar yang tidak hanya unik tapi juga menarik.

Memiliki Sejarah yang Berliku

Kota Makassar memiliki nama lain yakni Mangkasara awalnya pada tahun 1971 sampai tahun 1999 kota ini dikenal juga dengan nama ujung pandang. Merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan, dan merupakan kota terbesar di daerah Indonesia Timur.

Dulunya kota ini pernah menjadi ibu kota dari Negara Indonesia Timur (saat wilayah Indonesia dibagi pada masa penjajahan Belanda). Kota ini sudah ada sejak jaman dahulu bahkan dari sebelum Belanda datang, dan merupakan salah satu kota tertua yang ada di Indonesia .

Sudah Ada Sebelum Jaman Majapahit

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau daerah ini sudah ada sejak jaman dahulu, hal ini dibuktikan dengan adanya nama Makassar pada kitab Negarakretagama pada abad ke-14 yang merupakan karya dari Mpu Prapanca. Di dalamnya disebutkan bahwa Makassar merupakan daerah taklukan dari Majapahit.

Hanya saja banyak yang percaya kalau Makassar baru dikembangkan pada masa Raja Gowa ke-9 yakni Tumaparsi Kallona (1510-1546). Pada saat itu beliau mengatur semuanya, dan akhirnya pada abad ke-16 Makassar menjadi pusat perdagangan yang kuat di Indonesia Timur.

Ternyata memang sejarah kota Makassar sangatlah unik, dan menarik sekaligus membuktikan bahwa Makassar merupakan negara yang memang sudah kuat sedari awal. Jadi tidak heran jika sekarang menjadi salah satu kota metropolitan terbesar.

Sumber: Berita Makassar

Baca Berita Lain di Baaca.id

dzail