SMA Negeri Terbaik di Surabaya

SMA Negeri Terbaik di Surabaya

Tidak hanya sekolah swasta yang Favorite, Surabaya juga dikenal memiliki beberapa sekolah menengah negeri dengan prestasi terbaik sebanyak itu, itulah pilihan para orang tua ketika anak-anak mereka lulus sekolah menengah pertama. Apa daftar sekolah menengah negeri terbaik di Surabaya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. SMA Negeri 5 Surabaya

Peringkat pertama SMP Negeri terbaik di Surabaya diraih di SMAN 5. Sekolah menengah pertama yang juga dikenal dengan nama Smalabaya termasuk salah satu sekolah unggulan, karena banyaknya prestasi yang telah diraihnya.

Sedang mencari info lowongan kerja di surabaya? Anda bisa kunjungi tautan tersebut untuk info lebih lengkapnya.

How to say Misal, dalam hasil Ujian Nasional 2019, SMA Negeri 5 berhasil menduduki peringkat ke-4 dalam daftar 15 Sekolah Menengah Umum Nasional Terbaik Hasil Nasional (Peminatan Sains). Dalam daftar tersebut, Smalabaya memperoleh rata-rata 86,65 untuk jurusan IPA. Prestasi luar biasa!

2. SMA Negeri 2 Surabaya

Begitu pula dengan SMAN 5, Smada atau SMA Negeri 2 Surabaya yang juga meraih nilai UN yang tinggi, baik untuk jurusan IPA (78,87) maupun IPS (79,81). Selain masuk dalam bidang akademik, sekolah yang merupakan salah satu sekolah menengah pertama terbaik di Surabaya ini juga dikenal memiliki berbagai prestasi non akademik, seperti Juara I Cipta Puisi, Juara Fashion I Jawa Timur, Juara I Ganesha Open 2015 ( panahan), dan sebagainya.

Soal fasilitasnya sendiri, SMAN5 punya fasilitas super lengkap untuk kelas sekolah negeri. Dari perpustakaan, laboratorium fisika, laboratorium biologi dan kimia, aula, lapangan olah raga, lapangan seremonial hingga rumah kaca.

3. SMA Negeri 15 Surabaya

Daftar sekolah negeri terbaik di Surabaya adalah SMAN 15. Sekolah ini dijuluki Libels karena prestasinya. Salah satu hal terbaik adalah ketika paduan suara Libels Voice memenangkan penampilan internasional untuk Festival dan Kompetisi Paduan Suara Laut Adriatik di Italia.

Kontes tersebut, Libels Voice SMA Negeri 15 Surabaya berhasil membawa Juara 1 dan Paduan Suara Kategori Children & Young dengan Signifikansi, Diploma Gold 3, Juara Queen of the Adriatic Sea Choral Festival and Competition, dan Conductor Good. Tak hanya bangga dengan prestasinya, sekolahnya yang merupakan salah satu sekolah menengah terbaik di Surabaya ini juga dikenal telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Jerman.

Biasanya SMAN 15 mengirimkan 2 sampai 3 siswa terbaiknya ke Jerman untuk melanjutkan salah satu program studinya yaitu Sumer Camp dan Winter Camp.

4. SMA Negeri 1 Surabaya

Sejak April 1949, sekolah ini dulunya bernama SMA Dr. Sutomo. Tetapi setelah 1 April 1950, sekolah menengah pertama yang dibentuk oleh pendiri Dr. Sutomo mengubah namanya menjadi SMAN 1 Surabaya. SMA Negeri 1 Surabaya atau yang lebih dikenal dengan Smasa terletak di sebelah SMAN 2 Surabaya. Namun fasilitas, kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi sekolah ini tidak kalah dengan.

Buktinya, tim pengatur waktu tersebut telah mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dari sejumlah lomba yang diadakan di luar, seperti jumlah pengurus di 3 Lomba Topeng DBL, Olimpiade Geografi kerajaan Surabaya, dan nomor 3 di Daerah Otonomi KIR Isra Noor.

Jika Anda ingin masuk ke sekolah menengah pertama terbaik di Surabaya, maka Anda bisa memilih salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling sesuai dengan minat Anda. Beberapa di antaranya adalah Voice Smasa, Flag Raising Force, Taekwondo, Futsal, PMR, Cheerleader, Modern Dance, dan Radio Arek Smasa.

5. SMA Negeri 6 Surabaya

Dalam daftar SMA Negeri terbaik di Surabaya terdapat SMAN 6. Sekolah yang berada di tengah kota juga menduduki peringkat ke-7 dalam daftar 10 SMA Negeri dan Swasta dengan Nilai Ujian Nasional Tertinggi di Surabaya yang rata-rata UN 73,73 untuk jurusan IPS.

Dalam hal ini, tidak heran bila Smanam menjadi pilihan para orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah menengah. Selain meraih nilai UN yang tinggi, sekolah menengah pertama terbaik di Surabaya ini juga terkenal dengan banyaknya prestasi yang membanggakan.

Mulai dari Juara 2 Game Aplikasi Bioteknologi Universitas Surabaya, Juara 3 Olimpiade Biologi di Gerbang Kertosusila, Juara 1 Kejuaraan Voli, hingga Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Muchammat Kristanto