Tanda-Tanda Kanker Mata Stadium Awal

tanda tanda kanker mata

Pada dasarnya pertumbuhan kanker bisa terjadi di organ apapun, termasuk pada mata. Kanker pada mata bisa menyebabkan kebutaan dan relatif rentan menyebar ke organ lain karena lokasinya yang berdekatan. Itu sebabnya penting mengenali tanda tanda kanker mata, sebagaimana dikutip dari deherba berikut.

Kasus Kanker Mata

Kasus kanker mata di Indonesia terbilang rendah, tetapi penyakit ini bisa menjadi sangat mematikan. Karena lokasi kanker yang dekat dengan organ vital seperti otak. Kanker ini juga lebih sering menyerang anak-anak.

Kanker mata pada umumnya menyerang bola mata. Tetapi juga ditemukan dapat menyerang sistem kerja retina hingga jaringan limfoma pada mata. Ketiganya cepat menyebabkan kerusakan penglihatan permanen dan dapat segera bermetastasis menujut organ lain di sekitarnya seperti area nasal, telinga dan otak.

Termasuk kanker yang tidak banyak terjadi namun berbahaya dan mematikan. Meski sebenarnya pada stadium awal potensi kesembuhannya relatif sangat besar. Tentu dengan memastikan diagnosa dini dilakukan. Termasuk dengan mengenali sejak awal tanda tanda dari kanker mata.

Tanda-tanda Kanker Mata Stadium Awal

Dan menurut sumber  deherba.com, berikut adalah sejumlah tanda tanda kanker mata yang perlu segera Anda tindak lanjuti untuk diagnosa dini.

Melihat kilatan cahaya

Sejumlah pasien kanker mata pada stadium awal biasa mengeluhkan munculnya kilatan cahaya pada penglihatan. Kadang kilatan cahaya ini muncul dengan warna yang pudar tetapi kadang cukup jelas. Beberapa muncul dalam bentuk serabut yang tidak kunjung hilang, sedang sisanya muncul sekilas dan hilang begitu saja.

Penglihatan memburam

Penglihatan memburam namun bukan dikarenakan oleh efek rabun jauh ataupun rabun dekat atau sekedar gangguan fokus biasa. Seolah mata Anda tidak menangkap seluruh cahaya yang masuk ke dalam mata. Atau kadang seolah pandangan Anda tersamarkan oleh semacam tabir.  Namun beberapa pasien juga mengeluhkan gangguan fokus pada gejala kanker mata stadium awal, jadi sedikit sulit dibedakan dari gangguan fokus biasa.

Muncul benjolan pada permukaan mata

Mata Anda terasa mengganjal dan seperti ada tekanan yang membuat gerak mata Anda terganggu. Coba buka mata Anda lebar-lebar untuk melihat bila ada benjolan pada permukaan mata Anda.

Benjolan ini bisa jadi hanya kista atau efek infeksi biasa. Tetapi sejumlah pasien juga mengeluhkan munculnya benjolan sebagai awal munculnya tanda-tanda kanker mata.

Muncul noda pada bola mata

Ciri-ciri kanker mata stadium awal lain yang kerap juga muncul adalah terlihatnya noda pada bola mata. Anda bisa menemukan bola mata Anda terlihat memiiki noda putih, coklat atau hitam. Kadang cukup simetris dengan bola mata kadang sama sekali tidak.

Noda pada mata bisa jadi memang katarak, yang tentu saja tetap berarti tanda bahaya untuk penglihatan Anda. tetapi banyak kasus kanker mata diawali oleh noda yang tampak samar pada bola mata.

Iritasi mata

Anda bisa saja mengalami iritasi mata karena efek masuknya benda asing ke dalam bola mata. Hanya saja sejumlah tanda-tanda kanker mata juga muncul dalam bentuk inflamasi serius pada mata atau konjungtivitas.

Beda dengan inflamasi biasa, inflamasi karena kanker mata sulit diatasi, malah cenderung memburuk dengan mata semakin merah dan meluas. Pasien akan merasakan nyeri yang cukup kuat.

Sensitif terhadap cahaya

Pasien kanker mata bisa juga menjadi sangat sensitif terhadap cahaya. Retina dan bola mata pasien mengalami gangguan untuk mentoleransi paparan cahaya berlebihan. Ini membuat mereka merasa nyeri dan tidak nyaman saat terpapar cahaya yang berlebihan.

Tetapi beberapa pasien kanker mata malah menunjukan gejala rabun senja. Karena lensa mata yang kesulitan beradaptasi dengan kondisi gelap, sehingga pada malam hari penglihatan mereka memburuk.

Bola mata yang berubah

Kondisi khas lain yang juga menjadi tanda-tanda kanker mata adalah bentuk bola mata yang berubah. Ini akan mudah dikenali bila Anda mengamati bola mata pasien, kedua mata bisa tampak tidak simetris, lebih cembung, lebih datar, muncul mata malas dan sebagainya.

 

 

 

 

 

Nurul K