Tips Riset Pasar Melalui Facebook Sebelum Mendirikan Usaha

Kehebatan tehnologi membuat kegiatan berjualan menjadi lebih mudah. Dari beberapa basis yang ada buat berjualan online, Facebook menjadi salah satunya yang terpopuler. Dalam jumlah pemakai aktif capai 2,89 miliar per Oktober 2021 lalu, sosial media garapan Mark Zuckerberg ini menjadi kebun cuan buat berjualan online.

Memang, apa saja produk yang akan laku di Facebook? Yok, cari info dahulu langkah penelitian produk terlaku di Facebook sebagai salah satunya platformuntuk berjualan!

 

Mengenali Penelitian Produk dan Keutamaan untuk Usaha

Penelitian produk ialah tingkatan penting saat kamu mengawali satu usaha. Tingkatan ini dilaksanakan untuk cari tahu produk yang terbanyak diperlukan, paling dicintai, dan sering dicari oleh warga. Dari hasil penelitian produk dapat kamu gunakan untuk tingkatkan kesempatan usaha rumahan.

Dengan ketahui produk yang paling diperlukan sampai sering dicari, kamu punyai deskripsi mengenai barang yang hendak dipasarkan hingga barang itu dapat penuhi keperluan warga. Nach, untuk kamu yang merencanakan berjualan di Facebook, cari info dahulu produk apa yang banyak dicari beberapa pemakai di situ!

Bikin PT mudah dan cepat hanya ada di jasa pembuatan pt dari IZININ. Gunakan jasa pembuatan pt online terpercaya untuk memudahkan anda mengurus segala perzininan yang anda butuhkan milik Vorent Office Indonesia.

Langkah Kerja Marketplace Facebook

Saat sebelum masuk ke langkah penelitian produk terlaku di Facebook, kamu harus ketahui dahulu langkah kerja marketplace Facebook. Sama seperti yang telah kamu ketahui, mengawali usaha berjualan produk sekarang ini dapat diawali lewat cara online dengan manfaatkan sosial media.

Facebook menjadi salah satunya sosial media tempat kamu mulai bisa usaha berjualan produk yang diperlukan dan dicari oleh warga. Ada Facebook Marketplace tempat penjual tawarkan produk berjualannya, sementara calon konsumen cari produk yang dia perlukan.

Pada intinya, langkah kerja marketplace Facebook sama dengan marketplace yang lain. Kamu perlu mengupload photo produk dan dengan deskripsinya ke halaman Facebook Marketplace. Yakinkan photo produk yang diupload berkualitas terbaik hingga terlihat terang. Pada bagian deskripsi, beri info detil berkenaan produk terhitung harga. Saat konsumen tertarik dengan produk berjualanmu, mereka bisa mengontak melalui Facebook Messenger.

 

Langkah Penelitian Produk Terlaku di Facebook

Untuk memulai berjualan di Facebook Marketplace, yakinkan dahulu kamu telah mempunyai account Facebook khusus untuk berjualan. Argumennya ialah supaya account berjualan tidak tercampur dengan account personal yang digunakan untuk bersahabat sama orang lain. Saat mulai berjualan, kamu dapat click icon ‘Marketplace’ di halaman khusus, lalu tentukan ‘Create New Listing’ untuk pilih type listing sesuai produk berjualan kamu.

Supaya berjualan laku manis dan cuan, yok, cari info langkah penelitian produk terlaku di Facebook berikut:

 

1. Tetapkan sasaran pasar kamu

Langkah awal langkah penelitian produk terlaku di Facebook ialah tentukan siapa calon konsumen. Calon konsumen disebutkan sebagai sasaran pasar, di mana ini mengarah ke orang yang kamu bidik untuk beli produk. Kamu tidak mendapati produk terlaku yang pas jika tidak punyai sasaran pasar. Namun, jika kamu telah mempunyai sasaran konsumen, karena itu ini akan mempermudah saat penelitian produk terlaku.

Sebagai contoh, kamu menargetkan ibu muda umur 25-30 tahun yang barusan melahirkan sebagai calon konsumen. Karena itu, kamu dapat penelitian produk apa yang paling mereka perlukan atau barang yang laku dibeli oleh mereka. Bisa saja itu pakaian bayi, peralatan mandi bayi, atau bahkan juga pakaian menyusui. Disini, kamu dapat tentukan produk yang hendak dipasarkan.

 

2. Buat account Facebook

Selanjutnya tetapi tidak kalah penting ialah membuat account Facebook. Bagaimanakah mungkin kamu akan berjualan di Facebook Marketplace jika tidak punyai account? Tetapi, account yang diartikan di sini yaitu yang khusus kamu gunakan berjualan. Jauhi menggunakan account personal untuk berjualan karena hal itu akan memusingkan calon konsumen. Namun, tidak jadi masalah bila kamu mengganti account personal jadi seutuhnya account berjualan untuk menjaga rekan yang telah ada.

 

3. Awasi trend jual-beli di Facebook

Walau telah mempunyai sasaran pasar, kamu kemungkinan masih bimbang tentukan produk terlaku. Maka dari itu, langkah penelitian produk terlaku di Facebook yang selanjutnya ialah mengawasi trend jual-beli.

Trend jual-beli ini dapat memberi deskripsi real-time produk apa yang laku dan ramai dicari. Kamu dapat tergabung ke group yang berkaitan dengan sasaran pasar kamu. Misalkan tergabung ke group ibu-ibu muda baru melahirkan untuk cari tahu produk yang sedang ramai dibeli. Tidak lupa pakai keyword penelusuran, gratis ongkos kirim, promosi, potongan harga, dan semacamnya.

 

4. Tetapkan produk sama sesuai conversion rate

Conversion rate ialah perbedaan produk disaksikan oleh calon konsumen dengan keseluruhan produk yang terjual. Misalkan saja sebuah pakaian menyusui telah disaksikan oleh 46,3 ribu calon konsumen, sementara produknya sendiri telah sukses terjual 15 ribu. Karena itu, dapat dihitung disini conversion rate-nya 15000/463000 ialah 32,39%. Conversion rate ini lumayan tinggi karena melewati 10%. Maknanya produk ini janjikan untuk dipasarkan karena banyak dicari dan dibeli oleh warga.

 

5. Dapatkan produk dengan peringkat yang baik

Langkah paling akhir mendapati produk terlaku di Facebook ialah menyaksikan peringkat konsumen. Jika telah banyak yang memberi peringkat, maknanya produk itu telah banyak yang membeli. Dalam pada itu bila peringkat-nya tinggi, bintang lima misalkan, karena itu produk itu pantas kamu pikirkan untuk dipasarkan. Tips-nya ialah mencari produk dengan beberapa peringkat dan peringkat-nya bagus dan tinggi.

Tersebut penjelasan ringkas mengenai langkah penelitian produk terlaku di Facebook. Kamu dapat mengawalinya dengan membuat account Facebook, tentukan sasaran pasar, lalu cari produk prospektif untuk dipasarkan.