Toyota Mr2: Mobil Sport yang Cepat Namun Andal

Toyota Mr2: Mobil Sport yang Cepat Namun Andal

Toyota Pekanbaru – Produsen mobil Jepang, Toyota, terkenal karena memproduksi sedan keluarga yang sangat andal, tetapi setiap beberapa tahun Toyota juga mencoba mobil sportnya. Hasilnya, dunia telah menyaksikan dan menguji beberapa mobil sport paling efisien, ekonomis, dan andal seperti Celica, Supra, dan MR2. Sayangnya, Toyota memproduksi model ini untuk durasi yang lebih pendek dan dalam jumlah terbatas karena perusahaan itu sendiri ingin lebih fokus pada keluarga yang diproduksi secara massal dan mobil yang digunakan setiap hari. Terlepas dari keuntungan yang diperoleh mobil sport Toyota, mereka membuktikan kepada dunia bahwa mobil berperforma tinggi dan menyenangkan tidak harus rusak setiap beberapa ratus mil dan dapat dibuat dapat diandalkan.

MR2 adalah salah satu mahakarya tersebut; diluncurkan dengan gaya seperti Ferrari dan Porsche, tetapi dengan keandalan khas Toyota. MR2 diproduksi dari 1984 hingga 2007, Toyota hanya meluncurkan tiga generasi selama jangka waktu ini. Setiap generasi sangat berbeda dari generasi berikutnya, generasi pertama dan kedua tampak terinspirasi dari desain Ferrari 308 sedangkan generasi ketiga terlihat seperti Porsche Boxter yang gesit. Namun selama produksinya MR2 tetap menjadi penggerak roda belakang, dua tempat duduk. Generasi pertama MR2, W10, dibuat dari tahun 1984 hingga 1989. Diluncurkan dengan mesin bensin 1.5, 1.6 liter dasar, dan mesin bensin 1.6 liter supercharged. Toyota memperkenalkan pilihan transmisi manual lima kecepatan atau otomatis 4 kecepatan di MR2 generasi pertama.

Generasi kedua MR2, W20, diproduksi dari tahun 1989 hingga 1999, diluncurkan dengan T-top bersama dengan gaya bodi coupe tradisional. Toyota meningkatkan ukuran mesin dan meluncurkan mesin bensin 2.0, 2.2 liter bersama dengan mesin 2.0 liter turbo yang diisi. Mirip dengan generasi sebelumnya, opsi gearbox otomatis empat kecepatan dan manual lima kecepatan juga ditawarkan pada generasi ini. Generasi ketiga MR2, W30, diproduksi dari 1999 hingga 2007 sebagai mobil convertible dengan hanya satu pilihan mesin bensin 1,8 liter. Namun Toyota memperkenalkan opsi untuk gearbox manual lima dan enam kecepatan bersama dengan gearbox enam speed sequential (manual).

Beberapa Mesin Toyota MR2 Terkenal Yang Digunakan Adalah Sbb:

Mesin 4AGE; Mesin 1.6 liter bensin, 16 katup, DOHC EFI ini digunakan dari tahun 1984 hingga 1989. Versi impor supercharged juga digunakan di MR2 dalam jangka waktu yang sama.

Mesin 3SFE; Mesin bensin 2.0 liter dengan 16 katup ini diproduksi dari tahun 1989 hingga 1994. Menggunakan teknologi Single Cam berbasis Injeksi. Toyota memproduksi varian lain dari mesin ini dengan teknologi DOHC EFI dari tahun 1989 hingga 2000.

Muchammat Kristanto